Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Sengaja Terbang dari Jakarta demi Ingin Merasakan Landasan YIA

Kompas.com - 06/05/2019, 15:01 WIB
Dani Julius Zebua,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com - Pesawat Citilink berpenumpang 96 orang mendarat di Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA).

Kedatangan pesawat dengan nomor penerbangan QG-132 ini menjadi pendaratan pertama pesawat berpenumpang di Bandara Internasional Yogyakarta yang berada di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, ini.

"Perjalanan dari Halim semua berjalan lancar ya," kata Bambang Wirawan, Station Manager Maskapai Citilink Yogyakarta, Senin (6/5/2019).

Pesawat dengan nomor penerbangan QG-132 ini berangkat dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma (HLP) pukul 11.30 WIB. Pesawat mendarat pukul 12.30 WIB atau sekitar 60 menit mengudara.

Baca juga: Kelebihan YIA, Runway Panjang yang Bikin Pesawat Mendarat Mulus

Budi Hartawan, salah satu penumpang asal Jakarta, mengaku sengaja terbang ke YIA karena banyak hal yang menggugah keingintahuannya. Misalnya, landasan yang katanya salah satu terpanjang dan terminal yang baru, serta jarak YIA ke Yogyakarta yang cukup dekat.

Budi yang sehari-hari bekerja sebahai kontraktor ini merasa suka dengan coba-coba untuk mengisi waktunya.

"Selain itu, saya akan tunjukkan lewat media sosial," kata Budi.

Budi hanya membawa satu koper kecil. Bawaan seadanya ini lantaran ia hanya penumpang iseng dan berencana kembali hari itu juga lewat Bandar Udara Adisutjipto. Ia berniat membeli tiket hari ini dan mendapatkan waktu penerbangan terdekat.

"Tidak kembali dengan Citilink. Sudah tidak mungkin cukup waktu mendapat tiket sekarang," kata Budi.

Baca juga: Runway Bandara Internasional Yogyakarta Dibersihkan 3 Kali Sehari

Pendaratan ini sekaligus menjadi sinyalemen bahwa YIA sudah mulai beroperasi secara lengkap. Penumpang juga tampak antusias.

"Animo penumpang juga terlihat dari jumlah lenumpang yang sekarang ini 96 orang. Terbang nanti siang dengan penumpang 53. Saya kira animonya besar," kata Agus Pandu Purnama, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) untuk YIA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com