Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Caleg "Biker" Ini Hanya "Touring" dan Bukan Kampanye, tetapi Justru Lolos...

Kompas.com - 06/05/2019, 06:53 WIB
Suddin Syamsuddin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PAREPARE, KOMPAS.com - Namanya Andi Fudail, caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ia jadi satu-satunya caleg PKB yang lolos ke DPRD kota Parepare, lantaran PKB hanya memperoleh satu kursi pada pemilu serentak 2019 di Parepare. 

Uniknya, tidak seperti caleg lain, "kampanye" Andi terbilang unik, yakni hanya touring dengan komunitas motornya. Sementara caleg lain melakukan kampanye terbuka hingga pasang baliho. 

Tapi justru dengan cara uniknya ini dia lolos menduduki kursi anggota dewan untuk dapil Soreang, Kota Parepare.

Asal tahu saja, Andi sebelumnya merupakan anggota DPRD Kota Parepare. Dengan demikian, ini adalah periode kedua Andi menjabat sebagai anggota DPRD. 

Baca juga: Meninggal Usai Pemilu, Caleg Partai Golkar Ini Raih Suara Terbanyak

Ini cerita Andi sukses mempertahankan posisinya dengan "kampanye" uniknya. 

"Masa kampanye lalu, saya lebih banyak mengikuti touring. Kegiatan persaudaraan satu Aspal sesama biker di sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan, bahkan di Pulau Kalimantan dan Jawa," kata Andi kepada Kompas.com, Minggu (5/5/2019). 

Saat ditemui, Andi sedang turun ke jalan menggalang dana untuk korban banjir dan longsor yang melanda Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Menurut Andi, selain touring dan menghadiri acara saudara-saudara satu hobi di berbagai wilayah, dia mengaku kerap melakukan aksi kemanusiaan dengan menggalang dan untuk warga yang memerlukan bantuan.

"Hari ini, kami komunitas Biker's menggalang bantuan untuk korban bencana banjir dan longsor di Enrekang," kata Andi Fudail.

Baca juga: Meski sudah Meninggal, Caleg di Karawang Ini Raup 1.364 Suara

Dihubungi secara terpisah, Safriani Sudirman, Komisioner KPU Kota Parepare, membenarkan lolosnya Andi Fudail ke DPRD Kota Parepare untuk periode kedua, walaupun dia tidak melakukan kampanye terbuka seperti caleg lainnya. 

Andi, kata dia, memperoleh satu kursi di daerah pemilihan Kacamatan Soreang, Kota Parepare.

"Perolehan suara yang diraih Andi Fudail dengan 1.028 suara, dengan akumulasi suara partai PKB di dapil Soreang mencapai 1.937 suara," kata Safriani. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com