Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Ramadhan, Ribuan Orang Padati Pantai Baron untuk Padusan

Kompas.com - 05/05/2019, 20:18 WIB
Markus Yuwono,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Sehari menjelang puasa, ribuan warga memadati pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, untuk melaksanakan tradisi padusan atau mandi besar. Mereka memilih berwisata sambil mandi besar.

Salah seorang pengunjung, Wati, warga Surakarta, Jawa Tengah, mengaku sengaja berlibur di kawasan pantai Gunungkidul. Selain mau berwisata juga menyempatkan diri berenang di sekitar Pantai Baron.

"Sambil makan ikan goreng sekalian padusan," katanya kepada wartawan di Pantai Baron Minggu (5/5/2019).

Baca juga: Bersinan, Ritual Warga Lombok Tengah Sambut 1 Ramadhan

Didit, warga Wonosari, Gunungkidul, mengatakan ia berwisata bersama teman-temannya dan menyempatkan diri bermain air di Pantai Baron.

"Kebetulan hari ini juga libur, sekalian menyempatkan diri liburan sebelum puasa," katanya.

Koordinator SAR Satlimas Korwil II Gunungkidul Marjono mengatakan, sejak pagi pengunjung memadati Pantai Baron. 

Baca juga: Ahli Rukyat Saudi Sebut 1 Ramadhan Dimulai Senin 6 Mei 2019

Mereka kebanyakan menghabiskan waktu berenang atau hanya sekedar bermain air di pinggiran pantai. Dia memperkirakan ribuan pengunjung hari ini memadati pantai.

Pantai Baron memiliki keunikan sendiri karena untuk menuju ke laut harus menyebrang sungai air tawar. Tak sedikit yang memilih menyewa kapal nelayan untuk menyebrang.

Perlu diketahui, sungai yang bermuara ke pantai Baron setiap beberapa bulan selalu berubah alirannya. Kadang langsung ke selatan, kadang ke timur terlebih dahulu.

Baca juga: Awal Ramadhan 1440 H Berdasarkan Laporan Ahli Hisab dan Perwakilan Rukyat di 9 Daerah

 

Untuk hari ini, gelombang cenderung landai. Sehingga pengunjung bisa sepuasnya bermain.

"Sebagian besar melaksanakan tradisi padusan. Setiap tahun selalu ramai kalau pas sehari menjelang puasa. Dulu ada pancuran raksasa, tetapi beberapa tahun ini sudah tidak ada lagi," kata Marjono.

Baca juga: Memahami Hilal dan Metode Rukyah, Penanda Awal Bulan Ramadhan

Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, dari sejumlah pengunjung ada yang terluka akibat terjatuh saat mandi seperti di Pantai Gesing, Kecamatan Panggang, satu orang terluka.

Sementara di Pantai Sepanjang, Tanjungsari, 3 orang pengunjung terkena sengatan ubur-ubur.

"Semuanya sudah diberikan pertolongan di pos SAR masing-masing," ucapnya. 

Kompas TV Jelang bulan suci ramadan Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas dengan sejumlah menteri di Kantor Presiden. Dalam rapat terbatas kali ini presiden meminta agar ketersediaan bahan pokok selama bulan ramadhan bisa tetap terjaga. Dalam kesempatan yang sama Presiden Jokowi juga mengharapkan pelaksanaan mudik lebaran tahun ini bisa berjalan lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sejumlah ruas tol yang sudah beroperasi diharapkan memperlancar perjalanan mudik tahun 2019. #Ramadan #PresidenJokowi #HargaBahanPokok
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com