Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BHRD Sejumlah Kabupaten Lakukan Rukyatul Hilal Awal Ramadhan di Pantai Ayah Kebumen

Kompas.com - 05/05/2019, 13:44 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PURWOKERTO, KOMPAS.com - Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Banyumas akan melakukan rukyatul hilal (melihat bulan) untuk penentuan awal Ramadhan 1440 H di Pantai Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (5/5/2019) sore.

Ketua BHRD Kabupaten Banyumas Agus Setiawan mengatakan, rukyatul hilal akan dilakukan bersama dengan BHRD Kabupaten Kebumen dan sejumlah kabupaten di eks Karesidenan Banyumas.

Baca juga: Hadiri Syukuran, Maruf Amin Saksikan Penyembelihan Sapi Nazar dari Habib Hilal

"Kami akan bergabung melakukan rukyatul hilal dengan BHRD Kebumen, jadi sifanya menggabung. Biasanya kabupaten lain seperti dari Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, biasanya juga menggabung ke sana," kata Agus, saat dihubungi, Minggu (5/5/2019).

Agus mengatakan, lokasi tersebut dipilih karena strategis. Beberapa tahun sebelumnya, BHRD Banyumas sempat melakukan rukyatul hilal di Purwokerto, Jawa Tengah, namun lokasinya dinilai kurang ideal untuk saat ini.

"Kalau di pantai itu kan posisi ufuknya dengan posisi kita berdiri itu rata, rata air laut, sehingga peluang untuk bisa melihat hilal lebih terbuka. Kalau di perbukitan, belum tentu posisinya akan selaras dengan ufuk, atau batas rata-rata posisi matahari akan tenggelam," ujar Agus.

Baca juga: Kamis Sore, Tim Observatorium Bosscha Lakukan Pengamatan Hilal di Lembang

Tim BHRD Banyumas, kata dia, terdiri dari unsur Kementerian Agama (Kemenag), Bagian Kesra Setda Banyumas, perguruan tinggi, ormas islam, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pengadilan Agama Banyumas dan Pengadilan Agama Purwokerto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com