Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Borobudur Marathon 2019 lewat Ballot, Panitia Sediakan 8.000 Tiket

Kompas.com - 04/05/2019, 13:00 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Sebanyak 8.000 tiket untuk mengikuti kejuaraan lari internasional Borobudur Marathon 2019 resmi diperebutkan melalui sistem ballot atau pengundian. Pendaftaran untuk acara bergengsi itu telah dibuka sejak 1 Mei 2019 kemarin.

Event Manager Harian Kompas, Budhi Sarwiadi, mengatakan, sistem ballot mulai digunakan untuk menjaring peserta pada event tahun ini.

Melalui sistem itu, semua orang yang ingin ikut kejuaraan punya kesempatan sama untuk mendapatkan satu slot peserta.

“Sistem ballot adalah prosedur pengundian pendaftaran yang umum digunakan dalam banyak marathon besar di seluruh dunia seperti New York Marathon, Boston Marathon, dan Tokyo Marathon. Melalui sistem ballot ini, seluruh pelari dapat memiliki kesempatan mendapatkan slot peserta,” ujar Budhi, di Semarang, Sabtu (54/5/2019).

Baca juga: Ganjar Ingin Borobudur Marathon Jadi Event Lari Terbaik di Indonesia

Sama seperti tahun sebelumnya, ada 3 kategori yang dilombakan dalam Borobudur Marathon 2019 ini, yaitu 10K, half marathon dan marathon. Semua orang bebas mendaftar sesuai kategori dan kemampuan masing-masing melalui situs resmi Borobudur Marathon.

Budhi mengatakan, pendaftaran melalui sistem ballot itu dibuka selama 1 bulan penuh, dari 1 Mei sampai 31 Mei 2019. Para peserta tidak perlu mendaftar terburu-buru untuk mendapatkan slot peserta.

Pendaftaran melalui ballot sekaligus merespons tanggapan masyarakat atas banyaknya saran yang muncul.

"Pendaftaran dibuka selama 31 hari. Calon peserta tidak perlu terburu-buru untuk mendaftar. Slotnya ada 8.000,” katanya.

Peserta yang lolos akan diumumkan paling cepat 19 Juni 2019. Setelah itu, para peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi email yang didaftarkan untuk kemudian melakukan registrasi.

Bagi peserta yang belum beruntung, dipersilakan mendaftar melalui agen perjalanan yang ditunjuk oleh panitia Borobudur Marathon.

“8.000 slot dipilih secara acak untuk menjadi peserta Borobudur Marathon yang mendaftar melalui pendaftaran ballot. Akan diumumkan pada 19 Juni,” tambahnya.

Selain sistem ballot, Borobudur Marathon 2019 juga kembali membuka jalur fast runner qualifying. Jalur ini dibuka untuk membantu pelari cepat agar mendapatkan slot peserta dan berprestasi di Borobudur Marathon 2019.

Pendaftaran jalur ini dibuka hanya setengah bulan, yaitu 1 hingga 15 Mei 2019.

Baca juga: Edukasi Pelari, Harian Kompas Gelar The Tour Borobudur Marathon 2019 di Surabaya

Seperti diketahui, Borobudur Marathon digelar oleh Harian Kompas bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Bank Jateng. Tahun, ini Borobudur Marathon digelar dengan tema Synergy & Harmony.

Borobudur Marathon digelar pada Minggu, 17 November 2019 di Kompleks Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com