Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irjen Kemenkumham Investigasi Video Viral Napi Alami Kekerasan di Nusakambangan

Kompas.com - 03/05/2019, 16:23 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Khairina

Tim Redaksi


SEMARANG, KOMPAS.com – Jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melakukan investigasi mendalam atas insiden kekerasan dari petugas lapas terhadap narapidana saat pemindahan di Nusakambangan, Kabupaten Cilacap.

Kepala Kantor Kemenkumham Jawa Tengah Sutrisman menjelaskan, tim pengawas internal dari Inspektorat Jenderal telah turun untuk melakukan investigasi.

Mereka bergerak bersama dengan instansi di bawahnya.

”Hari ini dari Irjen sudah turun untuk lakukan investigasi. Kami juga telah menurunkan tim sejak beberapa hari lalu, dari kanwil dan direktorat di Jakarta,” ujar Sutrisman saat dikonfirmasi, Jumat (3/5/2019).

Baca juga: Viral Video Napi Alami Kekerasan, Jabatan Kalapas Narkotika Nusakambangan Dicopot

Ia menjelaskan, insiden kekerasan terhadap narapidana benar adanya. Kejadian itu terjadi di Dermaga Wijayapura pada 28 Maret 2019.

Ada 26 narapidana yang sedang dilakukan pemindahan ke Nusakambangan yang mengalami kekerasan.

Sutrisman menegaskan, insiden kekerasan telah melanggar standar operational procedur (SOP). Namun demikian, penyebab pastinya masih akan didalami lebih lanjut.

“Sampai hari ini masih didalami. Yang pasti dari sisi SOP kita, itu sudah menyimpang dari SOP yang dimiliki dan seharusnya dilakukan. Sebabnya akan didalami, apakah itu spontanitas dan seterusnya apakah melawan akan didalami,” tambahnya.

“Hasil sementara memang ada perlakuan menyalahi SOP,” ujarnya lagi.

Baca juga: Viral Video Napi Pindahan di Nusakambangan Alami Kekerasan, Ini Kata Kemenkumham

Sutrisman menegaskan, hasil investigasi dalam pengungkapan kasus itu masih belum selesai. Semua yang terlibat akan dilakukan pemeriksaan.

“Ini masih belum selesai, kami masih lakukan pendalaman investigasi. Kalapas Narkotika sudah ditarik sementara, dan sedang investigasi lebih lanjut,” tandasnya.

Sebelumnya, beredar video di media sosial yang menggambarkan insiden kekerasan oleh para petugas saat proses pemindahan narapidana ke Pulau Nusakambangan.

Kabag Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Ade Kusmanto mengatakan, peristiwa tersebut terjadi Kamis (28/4/2019) saat pemindahan 26 napi narkotika dari sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bali menuju Lapas Nusakambangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com