Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hapus Citra Negatif, Goyang Karawang Dikenalkan Secara Internasional

Kompas.com - 03/05/2019, 11:00 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang berencana menggelar Festival Goyang Karawang tingkat internasional. Seniman dari berbagai negara dipastikan hadir memeriahkan festival tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang Okih Hermawan mengatakan, festival yang kali kedua dilaksanakan itu digelar untuk mengenalkan budaya Karawang ke seluruh penjuru dunia. Festival pertama digelar tingkat nasional, sementara kali ini dihelat tingkat internasional.

"Kami juga ingin menghapus citra negatif saat masyarakat dari luar Karawang mendengar kata goyang Karawang. Karena sesungguhnya itu (goyang Karawang) itu seni," ujar Okih usai pagelaran budaya di Hotel Swiss-Belinn Karawang, Kamis (2/5/2019) malam.

Baca juga: Peringati May Day, Pemkab Karawang Guyur Hadiah untuk Para Buruh

Okih menyebut, pihaknya akan mengundang penari dari 15 negara yang mewakili benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia. Bahkan ia mengaku telah menjalin komunikasi dengan penari dari beberapa negara perihal acara tersebut.

Festival itu rencananya dihelat pada September 2019, sebagai rangkaian dari peringatan Hari Jadi Karawang. Ia juga memastikan festival akan berlangsung lebih meriah. Sebab tak hanya menampilkan tarian tradisional Indonesia, festival juga menampilkan tarian dari negara-negara sahabat.

"Kita bisa melihat kekayaan seni tari dari seluruh penjuru dunia. Jaipong tentu menjadi primadonanya," tutur dia.

Baca juga: 24 Pasangan Diduga Mesum Dijaring Satpol PP Karawang di Kos-kosan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com