Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagian Besar Calon Haji dari Banyumas Berisiko Tinggi

Kompas.com - 02/05/2019, 15:26 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PURWOKERTO, KOMPAS.com - Sebanyak 1.156 jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akan diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini. Sebagian besar calhaj termasuk kategori risiko tinggi (risti).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Imam Hidayat mengatakan, calhaj yang masuk kategori risti dari jumlah tersebut sebanyak 77 persen.

Baca juga: Rombongan Jemaah Calon Haji Berdesakan, Ibu Ini Leluasa Curi Ponsel

"Calhaj tahun ini sekitar 77 persen termasuk risti dari sisi usia jemaah. Namun, dari sisi kesehatan lebih baik dibanding tahun sebelumnya," kata Imam, saat manasik massal perdana di Gedung IPHI Purwokerto, Jawa Tengah, melalui siaran pers, Kamis (2/5/2019).

Setelah mengikuti manasik massal perdana, kata Imam, para jemaah akan mengikuti kegiatan manasik di kecamatan masing-masing sebanyak enam kali. Mendekati keberangkatan, akan digelar praktik manasik massal tingkat kabupaten.

Baca juga: Tiba di Asrama, Calon Haji Batal Berangkat karena Hamil

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas dr Arif Sugiono mengimbau, agar para jemaah membiasakan diri dengan olahraga jalan kaki, karena ibadah membutuhkan stamina tubuh yang prima.

“Selain itu, selama di Tanah Suci saya menyarankan agar para jemaah banyak-banyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi,” ujar Arif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com