Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Rel Ganda, Jalur Selatan di Banyumas Ditutup 2 Pekan

Kompas.com - 02/05/2019, 09:21 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Jalur selatan Jawa, tepatnya ruas jalan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akan ditutup selama dua pekan karena ada pembangunan rel ganda di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Prasarana Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyumas R Hermawan mengatakan, penutupan ruas jalan sepanjang kurang lebih 5 kilometer tersebut dimulai hari ini, Kamis (2/5/2019) hingga Rabu (15/5/2019) mendatang.

"Menindaklanjuti hasil sosialisasi di Kecamatan Sumpiuh Senin kemarin, penutupan akan dimulai hari ini. Pengerjaan proyek rel ganda tersebut kami minta paling lama dua minggu, karena sudah mendekati arus mudik," katanya di Purwokerto, Kamis (2/5/2019).

Baca juga: Pembangunan Rel Ganda Jalur Selatan, Jadwal KA Kutojaya Selatan Diubah

Hermawan mengatakan, penutupan jalan harus dilakukan karena ada pekerjaan pembangunan jembatan rel ganda yang melintang di atas jalan raya, tepatnya di perbatasan Kecamatan Sumpiuh dan Tambak, Kabupaten Banyumas.

"Pagi ini kami akan memasang berita jalan dan memasang barikade di jalan menuju perkotaan wilayah Sumpiuh, baik dari arah barat (Bandung) dan arah timur (Yogyakarta)," ujar Hermawan.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Kemenkeu Siap Bantu Pendanaan Reaktivasi Kereta Api

Seluruh kendaraan, kata Hermawan, akan dialihkan melalui jalan lingkar Sumpiuh. Kecuali bagi mikrobus dan penduduk lokal yang akan beraktifitas di kawasan jalan utama Sumpiuh.

"Warga setempat sudah menyetujui rencana penutupan ini. Untuk mikrobus ada jalan kecil yang bisa digunakan menuju kawasan kota. Bagi penduduk lokal yang akan ke pasar dan lainnya juga bisa masuk ke jalan tersebut," kata Hermawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com