Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Salurkan Hasrat Demonstrasi, Pemprov Jabar Gelar Acara Kreativitas untuk Buruh

Kompas.com - 01/05/2019, 18:14 WIB
Mikhael Gewati

Editor

KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati Hari Buruh atau May Day 2019 Rabu (1/5/2019), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat menggelar Demo Creation Of Labour (DCL).

Acara ini adalah upaya dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) untuk menyalurkan hasrat berunjuk rasa para buruh setiap memperingati May Day. Apalagi selama ini stigma May Day selalu negatif karena identik dengan demo buruh.

"Karena itu kami merancang sebuah ajang kolaborasi antara pengusaha, pekerja, dan pemerintah guna menyalurkan semangat peringatan Hari Buruh kepada hal-hal yang positif dan bermanfaat,” jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jabar, Ade Afriandi, di Bandung. 

Seperti dalam keterangan tertulisnya, Ade menjelaskan, acara bertemakan "May Day is a Creative Day, Together We Grow" ini merupakan konsep kegiatan perayaan bersama yang berkelanjutan serta dikemas bersama dari pekerja, oleh pekerja, dan untuk pekerja.

Adapun tujuan dari pelaksanaan acara itu adalah untuk mewujudkan Buruh Juara, Migran Juara, Milenial Juara dan Pengusaha Juara menuju Jabar Juara Lahir Batin.

Ade menyebutkan, DCL dibagi empat kuadran aktivitas yaitu, Kuadran I Demo plus Kratie. Di sini peserta bisa menyampaikan aspirasi mereka dengan cara lomba orasi.

Kemudian Kuadran II Demo plus Art.Pada kuadran ini buruh yang memiliki bakat seni atau apa pun bisa ditampilkan.

Lalu Kuadran III Demo plus Cullinary, yang menampilkan hasil pelatihan kuliner dan diikuti keluarga pekerja.

"Sementara itu, Kuadran IV Demo plus Solution, yakni ngobrol bareng mengenai solusi permasalahan ketenagakerjaan yang selama ini ada," kata dia. 

Menurut Ade, seluruh kegiatan ini akan dipusatkan di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta No. 532 Bandung.

Diperkirakan jumlah peserta yang akan memeriahkan acara ini mencapai 1.500 orang.

“Serikat Pekerja (SP) atau Serikat Buruh (SB) di Jawa Barat sebanyak 31 serikat, dan mereka sudah siap mengirimkan perwakilannya pada acara ini,” tutur Ade.

Direncanakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan membuka langsung Demo Creation Of Labour (DCL).

Kegiatan ini pun merupakan rencananya akan digelar setiap tahun untuk memperingati May Day dan didesentralisasikan ke setiap Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengawasan Ketenagakerjaan di Jabar.

Diharapkan acara ini dapat menjalin komunikasi aktif antara para stakeholder ketenagakerjaan dalam mendorong suasana kerja yang harmonis, dinamis dan berkeadilan, serta terciptanya kondisi yang kondusif di Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com