Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erupsi Lagi, Gunung Agung Semburkan Abu Setinggi 1 Km

Kompas.com - 30/04/2019, 14:42 WIB
Caroline Damanik

Editor

GIANYAR, KOMPAS.com - Gunung Agung di Karangasem, Bali, mengalami erupsi, Selasa (30/4/2019) sekitar pukul 05.34 Wita.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunungapi Agung melaporkan, tinggi kolom abu terpantau mencapai 1 kilometer di atas puncak. Kolom abu teramati dengan intensitas tebal condong ke arah timur.

Erupsi terekam pada seismogram dengan amplitude maksimum 25 mm dan durasi ± 2 menit 15 detik.

Gunung Agung masih berstatus level III (Siaga). Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan para pengunjun diimbau untuk tidak melakukan pendakian dan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya, yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari kawah.

Bahaya zona perkiraan bersifat dinamis dan terus dievaluasi sehingga dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual dan terbaru.

Masyarakat di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung juga diimbau untuk waspada dengan potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi, terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak.

Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

 

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul BREAKING NEWS! Gunung Agung Meletus Pagi Ini, Kolom Abu 1000 Meter Teramati dari Atas Puncak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com