Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Mobil Bak Terbuka yang Dijadikan Angkutan Umum di Kendal Akan Ditertibkan

Kompas.com - 29/04/2019, 10:39 WIB
Slamet Priyatin,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Polres Kendal, Jawa Tengah, akan menertibkan mobil bak terbuka yang digunakan untuk angkutan umum. Mobil tersebut biasa beroperasi di daerah Kaliwungu Selatan Kendal.

Mobil bak terbuka itu biasa dinaiki oleh anak-anak sekolah dan Ibu-ibu yang mau ke pasar.

Kapolres Kendal, AKBP Hamka Mapaitta mengatakan, penertiban mobil bak terbuka yang digunakan untuk angkutan umum dilakukan untuk menghindari kecelakaan.

Sebab di Kaliwungu Selatan, medan jalannya terjal dan berliku. Penumpang, bisa terjatuh apabila tidak hati-hati. Apalagi, masyarakat terutama anak-anak yang naik di mobil itu, duduknya di bibir bak mobil.

Menurut Hamka, mobil bak terbuka itu harus dimodifikasi. Misalnya, dengan memberi besi di pinggir bak, dan diberi tempat duduk. Sehingga apabila ada guncangan penumpang bisa berpegangan pada besi. 

“Harus ada pencegahan sebelum ada yang terjatuh,” kata Hamka usai memimpin gelar pasukan operasi keselamatan di halaman Mapolres Kendal, Senin (29/4/2019).

Baca juga: Risma Sekolahkan hingga Berikan Tempat Tinggal Layak Huni Remaja PMKS yang Terjaring Razia Satpol PP

Hamka mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengundang semua sopir mobil bak terbuka yang digunakan untuk mengangkut penumpang manusia.

Para sopir akan diberi pengarahan terkait dengan bahaya mobil bak terbuka yang digunakan untuk angkutan manusia.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal Suharjo mengatakan. jumlah mobil bak terbuka yang digunakan untuk angkutan manusia ada puluhan.

Baca juga: Korsleting Listrik, Mobil Bak Terbuka Terbakar di Tol Jakarta-Cikampek

 

Mobil-mobil itu beroperasi pada pagi hingga sore hari. Mereka membawa penumpang dari Darupono ke Kaliwungu.

“Di situ memang belum ada mobil angkutan umum berpelat kuning. Adanya mobil pribadi jenis colt bak terbuka yang digunakan untuk angkutan umum,” kata Suharjo.

Suharjo, menegaskan sesuai anjuran Kapolres, pihaknya akan memberi arahan kepada para sopir mobil bak terbuka.  Harapannya agar kecelakaan bisa dihindari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com