Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Pohon Tumbang akibat Puting Beliung di Padang

Kompas.com - 28/04/2019, 19:26 WIB
Perdana Putra,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin puting beliung melanda Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (27/4/2019) kemarin. Dampaknya, 40 pohon tumbang dan satu rumah mengalami kerusakan.

Hingga hari Minggu ini, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang dibantu personel TNI, Polri, Damkar, dan masyarakat terus melakukan pemotongan dan pembersihan pohon-pohon itu.

"Jumlah pohon yang tumbang terus bertambah. Siang kemarin tercatat 20 buah, kemudian sampai sore menjadi 30 buah. Malam bertambah 4 dan hari ini ada 6 lagi," kata Kasi Kedaruratan BPBD Padang, Sutan Hendra, Minggu.

Baca juga: Kota Padang Dilanda Hujan Deras dan Puting Beliung, 20 Pohon Tumbang

Sutan menyebutkan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun ada kerugian material yang dialami warga yang rumah atau warungnya tertimpa pohon.

"Korban tidak ada, tapi kerugian material ada yang dialami warga karena rumah atau warungnya tertimpa pohon," ujar Sutan.

Ia menyebutkan, pohon yang tumbang umumnya menutup jalan jalan sehingga menimbulkan kemacetan.

Untuk memotong dan membersihkan pohon sejak kemarin, pihaknya telah mengerahkan 30 petugas yang dibagi dalam beberapa tim.

Sutan mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada jika terjadi hujan yang disertai angin puting beliung. Warga diminta tetap berada di rumah dan tidak melakukan perjalanan di bawah pohon yang rawan tumbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com