Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Dengar Suara Gemuruh Sebelum Rumah Yono Longsor

Kompas.com - 27/04/2019, 21:36 WIB
Khairina

Editor

KOMPAS.com-Warga sempat mendengar suara gemuruh sebelum longsor menerjang rumah milik Yono (55) di Jalan Gombong Ciawitali, RT 04/19, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Kondisi saat itu hujan deras sehingga sempat membuat warga setempat panik. 

Warga setempat Juhari (63) mengatakan, saat kejadian naas itu, tepatnya pukul 19.40 WIB, ia dan warga lainnya mendengar suara gemuruh.

"Warga dan tetangga korban mendengar suara gemuruh dulu, kemudian mereka teriak minta tolong rumah pak Yono diterjang longsor, kemudian baru warga yang lainnya pada turun membantu," ujarnya, Jumat (26/4/2019).

Baca juga: Satu Rumah Tertimbun Longsor di Cimahi, Dua Orang Meninggal

 Juhari mengatakan, korban yang berjumlah delapan orang itu diduga tidak bisa menyelamatkan diri saat longsor menerjang rumahnya.

Enam orang mengalami luka ringan dan dua orang termasuk balita meninggal dunia akibat tertimpa puing bangunan.

"Saat saya tiba di lokasi kejadian korban sudah tertimpa puing bangunan dan proses penyelamatan langsung dilakukan warga setempat," kata Juhari yang juga bekerja sebagai Linmas di daerah tersebut.

Ia mengatakan, delapan korban tersebut sempat diselamatkan warga ke tempat yang lebih aman.

Namun karena melihat kondisi semua korban mengalami luka ringan dan ada juga yang mengalami luka berat, warga langsung membawanya ke Rumah Sakit Dustira.

"Saat semua korban diselamatkan satu per satu, kondisinya gelap disertai hujan deras. Saat itu saya juga melihat bayi (Kekey) digendong oleh seorang laki-laki," ujarnya.

Baca juga: Banjir dan Longsor Landa Bengkulu, Fasilitas Umum di 8 Kabupaten Rusak

Rumah tersebut dihuni oleh delapan orang yakni Yono (55), Wawa (52), Uci (17), Husen (35), Kania (6), Andri (30), mereka mengalami luka ringan.

Sedangkan Kekey yang berusia dua tahun dan Irna (14) yang merupakan anak kandung dari Andri meninggal dunia.

Hingga tadi malam, keenam penghuni rumah masih dirawat di rumah sakit, sedangkan dua orang yang meninggal dunia sudah dibawa ke rumah saudaranya yang tak jauh dari lokasi kejadian dan akan dimakamkan hari ini.


Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Warga Panik Dengar Suara Gemuruh, Ternyata Rumah Yono Sudah Diterjang Longsor, http://jabar.tribunnews.com/2019/04/27/warga-panik-dengar-suara-gemuruh-ternyata-rumah-yono-sudah-diterjang-longsor.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com