Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Pedagang Tertipu Membeli Pengembang Kue Berisi Semen, Ini Sebabnya

Kompas.com - 27/04/2019, 21:03 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Khairina

Tim Redaksi


JEPARA, KOMPAS.com - Kepala Satuan Reskrim Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah, AKP Mukti Wibowo menyampaikan, dari hasil pemeriksaan tim penyidik, banyak pedagang pasar di Kabupaten Jepara yang tertipu atas ulah Wagito (56) dan Siswadi (41), warga Bojonegoro, Jawa Timur.

Dalam praktiknya, kedua pelaku mengaku sebagai sales produk bahan pengembang kue merek Rajawali.

Keduanya lantas berkeliling ke pasar untuk menawarkan bahan pengembang kue itu kepada para pedagang.

Baca juga: Hendak Edarkan Pengembang Kue Berisi Semen, 2 Pria Ditangkap

Sejumlah pedagang yang sudah terlanjur membeli bahan pengembang kue tersebut kaget bukan kepalang lantaran setelah kemasan dibuka isinya semen.


Buron

Untuk memuluskan aksinya, kedua pelaku dibantu seorang rekan yang juga tetangganya yang kini masih buron, WO (50).

Jadi, sebelum Wagito dan Siswadi terjun ke lapangan, WO beraksi terlebih dahulu.

WO berpura-pura menjadi pembeli yang sedang mencari bahan pengembang kue merek Rajawali kepada para pedagang. Saat itu, WO mengaku membutuhkan bahan pengembang kue merek Rajawali itu dalam skala besar. WO pun lantas meninggalkan nomor ponselnya kepada para pedagang sasarannya. 

"Kebetulan para pedagang tidak ada yang punya bahan pengembang kue seperti yang dimaksud oleh WO. Nah, saat itu Wagito dan Siswadi pun segera menjalankan perannya. Keduanya mengaku sebagai sales bahan pengembang kue Rajawali kepada para pedagang. Karena tergiur permintaan WO yang hendak membeli dalam jumlah banyak, pedagang pun banyak yang membeli ke Wagito dan Siswadi. Sementara, ada 5 pedagang yang tertipu," terang Mukti saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel, Sabtu (27/4/2019).

Baca juga: Sumiyati Kaget Bahan Pengembang Kue yang Dibelinya Berisi Semen

Berdasarkan data Satreskrim Polres Jepara, dari sejumlah pedagang yang terperdaya, tercatat Siti Bariroh (27), pedagang Pasar Jepara II yang megalami kerugian paling banyak.

Warga Welahan, Jepara ini telah membeli 40 dus bahan pengembang kue merek Rajawali yang ternyata berisikan semen seharga Rp 14 juta.

"Setelah membeli bahan pengembang kue dari Wagito dan Siswadi, para pedagang lantas menghubungi WO yang mengaku membutuhkan banyak. Namun nomor ponsel sudah tidak aktif. Pedagang yang curiga kemudian membuka kemasan itu yang ternyata berisikan semen. Kasus ini kemudian dilaporkan dan kami segera ringkus para pelaku. Wagito dan Siswadi tertangkap dan WO masih kami buru," ujar Mukti.

Untuk diketahui, nasib apes menimpa Sumiyati (51), seorang pedagang di kios bahan makanan di Pasar Ratu, Jepara, Jawa Tengah. 

Warga Desa Kuwasen, Jepara itu tertipu atas ulah dua orang yang mengaku sales bahan pengembang kue. 

Sumiyati kaget bukan kepalang lantaran bahan pengembang kue yang telah ia beli dari dua oknum itu ternyata berisi semen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com