Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Truk Berisi Karet Mentah dan Besi Bekas yang Tenggelam bersama Kapal Feri SeLuang Belum Dievakuasi

Kompas.com - 26/04/2019, 13:48 WIB
Hendra Cipta,
Rachmawati

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Enam truk yang ikut tenggelam bersama Kapal Feri Seluang di Dermaga Sungai Asam, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat belum diangkat.

Truk tersebut bermuatan karet mentah dan besi bekas dari Kecamatan Belitang Hilir yang akan dibawa ke Kota Sekadau.

Baca juga: ASDP Pontianak: Kapal Feri Seluang dalam Proses Evakuasi

General Manajer (GM) Angkutan Sungai Danau dan Perairan (ASDP) Pontianak, Zulfidon mengatakan pengangkatan enam kendaraan tersebut dilakukan bersamaan dengan pengembalian posisi kapal feri nantinya.

"Kendaraan-kendaraan yang berada di dalam kapal akan ditarik keluar kapal saat proses evakuasi," kata Zulfidon, kepada Kompas.com, Jumat (26/4/2019).

Dia melanjutkan, terkait ganti rugi kendaraan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Jasa Raharja Putra yang akan bertemu pemilik kendaraan.

"Kerugian pemilik kendaraam sudah di-cover asuransi Jasa Raharja Putra. Mereka sepertinya sudah bertemu dengan pemilik kendaraan," ucapnya.

Baca juga: Salah Susun Kendaraan Diduga Jadi Penyebab Tenggelamnya Kapal Feri Seluang

Sementara itu kepolisian menduga tenggelamnya Kapal Feri Seluang karena kesalahan saat menyusun kendaraan bermuatan berat.

Kepala Bidang Humas Polda Kalbar, AKBP Donny Charles Go mengatakan kendaraan truk dominan disusun berada di kapal bagian kiri.

"Kemudian dari pemeriksaan, ditemukan adanya kendaraan muatan kosong yang tidak ketahuan petugas. Jadinya tidak seimbang," kata Donny, Selasa (23/4/2019) pagi.

Peristiwa tersebut terjadi Senin (22/4/2019) pukul 19.30 WIB. Saat itu, kapten Kapal Feri Seluang yang melayani penyeberangan di dermaga Sunyat, memutar balik kapal yang berisi belasan kendaraan untuk kembali ke pelabuhan.

Kapten kapal sempat memberi peringatan melalui pengeras suara bahwa kapal terlalu miring dan memerintahkan petugas untuk mengatur posisi kendaraan.

Baca juga: Diduga Kelebihan Muatan, Kapal Feri Seluang Miring Lalu Tenggelam

Setelah kapal bersandar, petugas sempat mengeluarkan tiga mobil. Namun karena kapal semakin miring dan air sudah masuk, Kapal Feri Seluang terbalik

"Penumpang dan petugas kapal menyelamatkan diri dengan melompat ke dermaga dan berenang," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com