Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kelestarian, Siswa SD Lepas 100 Anak Penyu di Perairan Bintan

Kompas.com - 26/04/2019, 11:21 WIB
Hadi Maulana,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BINTAN, KOMPAS.com - Menjaga kelesatarian penyu di perairan Bintan, Kepulauan Riau, yang mulai punah, Konservasi Penyu di Kampung Baru, Lagoi, mengajak puluhan pelajar dari SD Negeri 003 Teluksebong serta SMP dan SMA Tunas Bangsa Lagoi, Bintan, melepaskan 100 anak penyu (tukik) di Pantai Kampung Baru Lagoi, Bintan.

Selain menimlalisir kepunahan, kegiatan ini juga bertujuan sebagai langkah pihak konservasi memberikan edukasi anak-anak terkait pentingnya pelestarian penyu di Kabupaten Bintan itu sendiri.

Koordinator Konservasi Penyu Kampung Baru, Lalu Sabri mengatakan, pelepas liarana anak penyu ini dilakukan setiap tahunnya.

Baca juga: Polisi Gagalkan Penjualan 148 Penyu yang Akan Digunakan untuk Kegiatan Keagamaan

Bahkan, lembaganya rutin menetaskan ratusan telur penyu, dan setelah menetas kemudian menjadi anak, lalu dilepaskan ke alam bebas atau laut untuk pelestarian penyu itu sendiri.

"Ini sebenarnya kegiatan tahunan kami, namun kali ini kami sengaja melibatkan pelajar agar mereka tahu dan merasakan betapa manfaatnya penyu bagi perairan kita sendiri," kata Sabri, saat dihubungi, Jumat (26/4/2019).

Sabri mengatakan, di Bintan sendiri memang banyak lembaga pelestarian penyu dan tujuannya sama untuk menjaga kelestarian hewan langka tersebut.

Untuk pihaknya, Sabri mengaku melakukan pelestarian bersama masyarakat setempat, yang tentunya didukung langsung oleh pemerintah dan perusahaan.

Baca juga: Plt Bupati Trenggalek Ajak Komunitas Motor Bersihkan Pantai di Kawasan Konservasi Penyu

"Tapi proses pelestariannya murni dari kami bersama masyarakat setempat," ujar dia.

Konservasi penyu ini, kata Sabri, tidak hanya berdampak pada pelestarian saja. Tetapi mampu mendatangkan nilai ekonomis tersendiri.

Sebab, pelepasan tukik tersebut menjadi daya tarik wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnu) untuk datang ke Kampung Baru Lagoi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com