Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Internet, Peserta UNBK MI dan MTs di Luwu "Numpang" di Rumah Warga

Kompas.com - 25/04/2019, 19:44 WIB
Amran Amir,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LUWU, KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujin Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di daerah pedalaman memiliki berbagai tantangan, seperti yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salubua, kecamatan Suli Barat, kabupaten Luwu, Sulawesi selatan terpaksa menumpang di rumah warga untuk mengikuti Ujian karena jaringan internet lambat loading.

Puluhan siswa dengan tenang mengerjakan soal-soal ujian nasional berbasis dengan cara duduk melantai menggunakan telepon seluler berbasis android.

Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salubua, Idawati mengatakan bahwa pihak sekolah harus meminjam rumah warga di desa tersebut karena di sekolah mereka tidak ada jaringan internet. 

Selain itu pelaksanaan ujian nasional di MTs Salubua juga terpaksa menggunakan Android milik siswa karena sekolah kekurangan laptop.

Baca juga: Ratusan Siswa SMP di Makassar akan Ikuti UNBK Susulan

“Hanya di rumah warga ini tempat satu-satunya yang bisa mengakses jaringan internet, itupun agak lambat loadingnya, kalau di sekolah sama sekali tak ada,” kata Idawati, saat ditemui di lokasi, Kamis (25/04/2019).

Begitupun dengan siswa Madrasah Tsanawiyah, mereka mengerjakan soal-soal ujian nasional menggunakan komputer atau laptop namun menyambungkan dengan jaringan wifi Android di rumah tersebut.

Menurut Idawati, sebelum para siswa melaksanakan UNBK, rumah tersebut telah digunakan sebagai tempat latihan atau simulasi.

“Jadi kami sudah 3 bulan menggunakan rumah ini untuk dijadikan sebagai tempat ujian, sebelumnya para siswa-siswi dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah menjadikannya sebagai tempat simulasi,” ujarnya. 

Baca juga: Tak Dilengkapi Fasilitas Komputer, Pelajar dari 30 SMP di Kulon Progo Numpang UNBK di Sejumlah Sekolah

Idawati berharap kepada pemerintah agar memperhatikan daerah tersebut guna kelancaran komunikasi masyarakat pada umumnya dan pelajar khususnya terutama saat menghadapi UNBK.

Sementara itu, salah seorang siswa, Sultan Hasanuddin, mengatakan bahwa meski mereka menumpang di rumah warga dengan kondisi yang memprihatinkan dan jaringan yang seadanya, namun mereka tetap semangat mengerjakan soal-soal.

“Alhamdulillah, hari ini bisa senang mengerjakan soal UNBK dengan lancar, meski hanya duduk di lantai di rumah warga, semoga hasil UNBK nantinya bisa maksimal,” ucap Sultan.

Baca juga: Kekurangan Komputer, 17 Sekolah di Gunungkidul Menumpang UNBK di Sekolah Lain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com