Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Petugas PPS yang Harus Kehilangan Anaknya Setelah 5 Hari Dirawat

Kompas.com - 24/04/2019, 20:14 WIB
Fitri Rachmawati,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

Lombok, Kompas.com - Kesedihan terlihat jelas di wajah Adriana (26), petugas Sekretariat PPS Desa Paok Motong, Kecamatan Masbagik, Lombok Timur.

Betapa tidak, bayi mungil berjenis kelamin perempuan yang belum diberi nama, sempat ditangani tim medis di Ruang NICU, Rumah Sakit Dokter Soedjojono, Selong Lombok Timur. Akhirnya meninggal dunia. Rabu (24/4/2019).

Bayi mungil tersebut hanya mampu bertahan hidup selama 5 hari.  

"Saya tidak tahu lagi apa yang saya rasakan, sangat kehilangan, sedih itu sudah pasti, selama 5 bulan saya merasakan kehadirannya, membelikannya vitamin, pastilah saya sangat kehilangan, dia sudah pergi, bayi saya sudah pulang," kata Adriana dengan nada sedih.

Baca juga: Dikabarkan keguguran, Petugas KPPS Melahirkan di Usia Kehamilan 5 Bulan karena Kelelahan

Dengan besar hati, Adriana mengendong bayi tercintanya keluar ruangan perawatan.

Tampak terlihat tubuh petugas PPS inipun masih lemah, dan mereka berlalu bersama mobil jenazah ke rumah duka.

Petugas PPS ini pasrah, meskipun dia berupaya membantu bayinya agar tetap bertahan hidup, namun ajal tak bisa ditentang, mereka harus berpisah.

Duka petugas PPS maupun KPPS, sepanjang pelaksanaan Pemilu 2019 ini masih belum berakhir.

Sedikitnya 113 orang dilaporkan sakit, 2 orang meninggal dunia, masing-masing Sanapiah (49), Ketua KPPS Desa Jotang, Kecamatan Empang, Sumbawa, dan Surya (31) anggota KPPS di TPS 10 Dusun Nanga Doro, Desa Hu'u Kecamatan Hu'u, Dompu.

Baca juga: Kelelahan, Seorang Petugas KPPS di Konawe Keguguran

Sebelumnya diberitakan, Andriana (26) petugas Sekertariat Panitia Pemungutan Suara (PPS), hingga kini masih dirawat di Rumah Sakit Dokter Soedjono, Lombok Timur.

Kondisinya masih lemah dan harus dirawat intensif setelah melahirkan pada 18 April 2019.

Andriana keguguran, karena kelelahan setelah menjadi petugas KPPS. Adriani masih dirawat di ruang Nifas kelas IIIE sambil menunggu kabar bayi yang baru saja ia lahirkan.

"Saya melahirkan normal. Hanya kelahiran anak saya dalam kondisi sangat lemah. Memang saya dikuret seperti pasien keguguran, karena ari-ari masih menempel di rahim. Putri saya lahir tapi sangat lemah," katanya pada Kompas.com, Rabu (24/4/2019) melalui saluran telpon.

Baca juga: 191 Petugas KPPS di Sulawesi Selatan Sakit, dari Dianiaya Sampai Keguguran

Dia menuturkan sejak tanggal 10 April, ia sudah mengeluarkan flek (bercak darah) usai mengikuti pelatihan sebagai petugas KPPS di Mataram seharian penuh.

"Saya mengandung anak pertama, karena kelelahan  keluar bercak darah atau flek. Kata dokter saya hanya butuh istirahat saja selama 2 hari," tuturnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com