Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadiri Syukuran, Ma'ruf Amin Saksikan Penyembelihan Sapi Nazar dari Habib Hilal

Kompas.com - 24/04/2019, 17:04 WIB
Wijaya Kusuma,
Farid Assifa

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 1 Ma'ruf Amin menghadiri acara silaturahim dan tasyakuran atas kelancaran dan kesuksesan Pemilu 2019 di Ndalem Habib Hilal Alaidid, Kota Yogyakarta, Rabu (24/4/2019).

Ma'ruf Amin juga menyaksikan proses penyembelihan satu ekor sapi sebagai nazar Habib Hilal Alaidid karena pemilu berjalan lancar dan damai.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Ma'ruf Amin dan rombongan tiba di Ndalem Habib Hilal di Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Kedatangan Ma'ruf Amin langsung di sambut oleh Habib Hilal Alaidid dan Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf.

Seusai bersitirahat sejenak, Ma'ruf Amin, Habib Hilal Alaidid dan Yahya Cholil Staquf lalu berjalan kaki menuju samping Masjid Darussalam. Di lokasi ini, Ma'ruf Amin menyaksikan penyembelelihan satu ekor sapi oleh Habib Hilal Alaidid.

Baca juga: Jokowi-Maruf Amin Menang Telak di 61 TPS di Boyolali

Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf mengatakan, Habib Hilal Alaidid sebagai warga NU menggelar tasyakuran karena bersyukur proses Pemilu 2019, baik pileg maupun pilpres berjalan lancar dan aman.

"Ada tanda-tanda hasil yang menggembirakan khususnya karena Habib Hilal mendukung Pak Joko Widodo dan Kiai Ma'ruf Amin. Ada tanda-tanda kemungkinan akan memenangkan pilpres, Beliau berinisiatif mengadakan tasyakuran ini," ujar Yahya, Rabu.

Baca juga: Jokowi-Maruf Amin Menang, NU di Jatim Disebut Solid

 

Selain itu, acara tasyakuran juga sebagai bentuk silaturahmi antara para kiai NU. Sekaligus untuk mensyukuri berhasilnya konsolidasi sehingga mayoritas kiai NU bisa berkumpul dan bersatu menuju satu arah.

"Kalau proses ini berjalan dengan baik dan para kiai bisa berpartisipasi dengan baik, maka Beliau nazar akan menyembelih sapi. Belum nazar kemenangan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com