Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjuangan Aiptu Jonter Siringo-Ringo Amankan Pemilu 2019, Gugur Saat Menjalankan Tugas

Kompas.com - 22/04/2019, 16:31 WIB
Dewantoro,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com — Seorang anggota dari Satuan Reserse dan Kriminal Polres Dairi, Polda Sumatera Utara (Sumut), Aiptu Jonter Siringo-Ringo (51), gugur karena kelelahan dalam tugas mengamankan jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, Jonter gugur setelah kelelahan mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) di Tiga Baru, Kecamatan Pegagan Hilir, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Kamis (18/4/2019).

"Benar, satu personel dari Polres Dairi bernama Aiptu Jonter Siringo-Ringo meninggal dunia dalam melaksanakan tugas," ungkapnya kepada wartawan, Sabtu (20/4/2019).

Baca juga: Polri: 15 Polisi Gugur Saat Amankan Pemilu 2019

Tatan menjelaskan, Polri mengerahkan seluruh kekuatan guna menjamin keamanan jalannya pesta demokrasi tersebut sehingga personel polisi, termasuk Aiptu Jonter, harus bekerja seharian penuh hingga larut malam.

Esok harinya pun, Kamis, sekitar pukul 10.00 WIB, anggota yang dikenal disiplin itu, lanjut Tatan, masih sempat kembali mengawal KPPS guna penyerahan dokumen pemilu ke PPK.

"Namun, almarhum minta izin ke Kapolsek AKP Abdul Rahman Siregar untuk pulang ke rumah, berhubung dadanya mendadak sesak, seperti sakit jantung," katanya.

Baca juga: Ketua KPPS Lampung Utara Ditembak di Rumahnya, Ini Penjelasan Polisi

Setiba di rumahnya di Jalan Pemuda Sidikalang, ia pun meminta keluarga untuk menemaninya ke rumah sakit. Akan tetapi, tak lama berselang, anggota Bhayangkara itu pun meninggal.

"Aiptu Jonter meninggalkan istri boru Siahaan dan tiga anak, satu di antaranya sedang kuliah," ujar Tatan.

Jonter dikebumikan di Desa Janji Kabupaten Samosir, Sabtu (20/4/2019).

Dihubungi secara terpisah, Kasubbag Humas Polres Dairi Ipda Donni Saleh mengatakan, dari hasil pemeriksaan, Jonter meninggal karena serangan jantung.

"Sekitar dua jam diperiksa oleh dokter. Tepat pukul 16.50 WIB beliau meninggal di UGD RSUD Sidikalang dan dari hasil pemeriksaan pihak RSUD Sidikalang, beliau disebutkan mengalami serangan jantung," ucap Donni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com