Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Maluku: Pengiriman 2 SKK Brimob untuk Antisipasi Keamanan Ibu Kota Negara

Kompas.com - 22/04/2019, 12:17 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


AMBON, KOMPAS.com - Lebih dari 200 personel Brimob Polda Maluku diterbangkan ke Jakarta dengan menggunakan pesawat komersil melalui Bandara Internasional Pattimura Ambon, Senin (22/4/2019).

Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, pengiriman dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) pasukan Brimob Polda Maluku itu bertujuan untuk menjaga keamanan Ibu Kota Negara pascapemilu 2019.

“Oh iya betul, kami bantu ke sana jaga Jakarta. Kami ada kirim dua SSK brimob untuk menjaga ibu kota untuk antisipasi saja,” kata Royke, kepada sejumlah wartawan, usai menghadiri acara silaturahim masyarakat Maluku pasca-pemungutan suara Pemilu 2019 yang diinisiasi oleh Polda Maluku, di salah satu hotel di Kota Ambon, Senin.

Baca juga: 200 Pasukan Brimob Polda Maluku Akan Dikirim ke Jakarta, Ada Apa?

Royke mengatakan, pengiriman ratusan pasukan brimob itu guna membantu aparat lainnya di Jakarta guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan terjadi saat penetapan hasil pemilu oleh KPU RI.

“Antisipasi untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, jadi untuk penguatan namanya penebalan,” ujar dia.

Dia menyebut, ratusan personel brimob Polda Maluku yang dikirim ke Jakarta itu merupakan personel terbaik dan dianggap mampu bekerja untuk membantu keamanan di Ibu Kota Negara.

Baca juga: Pasca-kebakaran Gudang Logistik Pemilu, Bupati Pesisir Selatan Minta Pengamanan Diperketat

"Tadi pagi sudah berangkat. Mereka yang ke sana itu yang dianggap mampu mem-backup Jakarta, Ibu Kota, untuk membantu teman-teman lain di Jakarta,” ujar dia.

Dia menambahkan, pengiriman ratusan personel brimob Polda Maluku ke Jakarta merupakan permintaan langsung dari Mabes Polri.

”Ini permintaan dari Jakarta, kalau Ibu Kota Maluku cukup kami yang jaga saja,” kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com