Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berdasar Rekap Data C1, TKD Klaim Jokowi-Ma'ruf Raih 68 Persen Suara di Jatim

Kompas.com - 21/04/2019, 10:25 WIB
Achmad Faizal,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Tim Kampanye Daerah (TKD) pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengklaim kemenangan 68 persen suara di Jawa Timur.

Data tersebut berdasarkan hasil rekap data C1 yang dikirim saksi ke Posko TKD Jawa Timur.

"Angka itu berdasarkan rekap data C1 yang dikirim oleh semua saksi di tingkat TPS yang Sabtu malam hampir 100 persen masuk," kata Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Timur, Machfud Arifin, Sabtu (20/4/2019) malam.

Berdasarkan rekap C1 tersebut, kata Mahfud, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin hanya kalah di 4 daerah yakni Pamekasan, Sampang, Sumenep, dan Pacitan.

Baca juga: Quick Count Pilpres 2019 Indikator Politik Indonesia di DKI, Jabar, Jateng, DIY, Jatim dan Banten

Perolehan suara kali ini, kata Machfud, meningkat jika dibandingkan Pilpres 2014. Kala itu, Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla kalah di 14 kabupaten dan kota.

Machfud mengatakan, TKD Jawa Timur mengaku siap jika diminta transparan soal data tersebut.

"Bahkan kami siap adu data dengan BPN yang menyebut Jokowi-Ma'ruf Amin kalah di Jatim berdasarkan hitung cepat 3 lembaga survei. Kalau perlu kita buka datanya di lapangan terbuka biar semua orang tahu," kata Machfud.

Baca juga: Di Jatim, Kiai Pendukung Jokowi dan Prabowo Kompak Serukan Perdamaian

Sebelumnya, video pernyataan Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Amien Rais, viral di media sosial sejak Jumat (19/4/2019).

Dalam video tersebut, dia menyapa pendukung Prabowo-Sandi di Jawa Timur dan mengklaim bahwa Prabowo-Sandi menang di Jawa Timur berdasar real count 3 lembaga survei.

Bahkan, dia menyebut kemenangan tidak hanya di wilayah Madura, tapi menang hampir di seluruh daerah di Jawa Timur dengan angka lebih dari 50 persen.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Hasil Hitung Cepat 5 Lembaga Survei Pemilihan Presiden 2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com