Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Tidur Sejak Pencoblosan, 2 Anggota KPPS Luwu Pingsan karena Kelelahan

Kompas.com - 18/04/2019, 22:35 WIB
Amran Amir,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

LUWU TIMUR, KOMPAS.com – Karena kelelahan, dua anggota KPPS di Desa Harapan, Kecamatan Malili, Luwu Timur, jatuh pingsan, Kamis (18/4/2019).

Keduanya adalah Sartika dan Arnita Anton. Sartika bertugas sebagai anggota KPPS 06 Desa Harapan, sementara Arnita Anton merupakan anggota Pengawas TPS 06, warga desa harapan.

Keduanya dilarikan warga ke Puskesmas Lampia untuk mendapatkan perawatan. 

Setelah ditangani, keduanya kemudian sadarkan diri dan sudah ditempatkan di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Puskesmas Lampia.

Baca juga: Diduga Kelelahan, Petugas KPPS di Malang Meninggal Usai Antar Surat Suara

Arnita mengatakan, sebelum tak sadarkan diri ia sempat mengalami pusing dan mata berkunang-kunang.

Hal itu terjadi karena dia tidak pernah tidur sejak pukul 07.00 Rabu (17/4/2019) pagi atau  saat pencoblosan sampai pukul 10.00 Wita keesokan harinya, Kamis (18/4/2019).

Memang belum pernah tidur sejak mulai pencoblosan sampai Kamis pagi tadi, makanya lemah kondisi fisik saya lemah,” kata Arnita saat ditemui, Kamis.

Baca juga: Ketua KPPS di Bogor Meninggal karena Kelelahan saat Bertugas

Arnita mengaku setelah ditangani pihak medis kondisinya sudah mulai pulih.

Demikian juga dengan Sartika, sebelum ia pingsan ia sempat melihat Arnita jatuh. Namun berselang beberapa saat dia juga tak sadarkan diri.

”Saya juga tidak sempat tidur, sampai terjadi begini, ini karena mendahulukan tanggung jawab melakukan rekap perolehan suara. Namun, kondisi fisik tidak kuat maka jadinya begini,” ucap Sartika

Kepala Puskesmas Lampia, Samriani menerangkan kondisi keduanya sudah mulai pulih. Hasil pemeriksaan keduanya pingsan akibat kelelahan.

“Fisik tidak mendukung setelah bekerja penuh waktu, tanpa istirahat, begadang juga di TPS sehingga jatuh pingsan ” jelas Samriani

Kejadian ini direspon Komisioner Bawaslu Luwu Timur Sukmawati Suwaeb bersama staf Bawaslu dengan mendatangi Puskesmas Lampia untuk menjenguk kedua petugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com