Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Jatim: Secara Umum Madura Kondusif

Kompas.com - 18/04/2019, 00:43 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan menyebut, secara umum pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Madura kondusif hingga Rabu (17/4/2019) sore.

Dua insiden hanya terjadi di Sampang. Sementara di Bangkalan, Pamekasan dan Sumenep dilaporkan aman terkendali.

"Alhamdulillah di Pamekasan, Sumenep, dan Bangkalan kondusif. Hanya di Sampang tadi yang ada beberapa kejadian. Intinya secara umum Madura kondusif," kata Luki di Mapolda Jawa Timur.

Baca juga: Di Sampang, Polisi Kejar-kejaran Dengan 2 Pencuri Kotak Suara

Sejak Rabu pagi, kata Luki, Forpimda Jawa Timur membagi lokasi pemantauan di Jawa Timur. Gubernur, Irwasda, dan Pangdam ke wilayah Jombang, Mojokerto, dan Sidoarjo. Sementara Wakapolda di wilayah Mataraman.

"Saya sendiri di wilayah Madura, karena sejak awal fokus pengamanan kami di wilayah Madura. Daerah ini punya rekam jejak konflik setiap kali digelar pemilihan umum," terangnya.

Seperti diberitakan, ada 2 peristiwa yang dilaporkan mewarnai pemungutan suara Pemilu 2019 di Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Pertama 2 kelompok massa bentrok di TPS 07 Dusun Tapaan Tengah, Desa Tapaan, Kecamatan Banyuates. Seorang dikabarkan tertembak senjata api di bagian tangan kiri dalam peristiwa itu.

Baca juga: 5 Orang Diamankan Pasca-bentrok Massa di TPS Sampang

Sementara di sebuah TPS di Desa Bapelle, Kecamatan Robatal, 2 orang diamankan karena berusaha merampas kotak suara. Di dua lokasi itu, polisi berhasil mengamankan 7 orang yang diduga pelaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com