Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yakin Jokowi Menang, Relawan Projo di Jombang Cukur Gundul

Kompas.com - 17/04/2019, 23:54 WIB
Moh. SyafiĆ­,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Sejumlah relawan Pro Jokowi (Projo) di Kabupaten Jombang Jawa Timur, menggelar aksi cukur gundul, Rabu (17/4/2019) malam.

Aksi itu dilakukan karena mereka yakin capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi - Ma'ruf Amin bakal menang pada Pilpres 2019.

Ketua Projo Jombang Joko Fattah Rochim mengatakan, berdasarkan hasil hitung cepat beberapa lembaga survei, kemenangan pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019 sudah mendekati kebenaran.

"Melihat hasil hitung cepat, kami yakin itu (kemenangan Jokowi)," katanya di sela aksi cukur gundul di sekretariat Projo Jombang.

Baca juga: Yakin Menang, Relawan Jokowi-Maruf Amin di Surabaya Cukur Gundul

Atas dasar itu, lanjut Fattah, para relawan Projo melakukan aksi cukur gundul.

"Ini adalah bagian dari mewujudkan nadzar kami, bahwa kalau Pak Jokowi menang, kami nadzar akan potong rambut gundul dan sebagainya," jelasnya.

Ditambahkan, untuk mengawal kemenangan Jokowi, seluruh relawan Projo yang tersebar di 21 Kecamatan di Kabupaten Jombang dikerahkan untuk mengawasi proses penghitungan suara mulai dari tingkat TPS hingga penghitungan di KPU Jombang.

Baca juga: Jokowi-Maruf Raih 80 Persen Suara, Wali Kota Solo Gunduli Kepalanya

Hasil hitung cepat atau quick count sementara, Rabu hingga pukul 22.45 WIB, pasangan calon presiden dan wakil presiden 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 54,52 persen dan pasangan calon presiden dan wakil presiden 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 45,48 persen dalam Pilpres 2019.

Perolehan tersebut merupakan angka dari laporan yang masuk sebesar 97 persen dari total TPS sampel.

Litbang Kompas mengambil 2.000 sampel TPS dengan margin of error di bawah 1 persen.

Hasil quick count ini bukan hasil resmi. KPU nantinya akan melakukan rekapitulasi secara berjenjang untuk menetapkan pemenang Pilpres 2019.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com