Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Pilpres 2019: Prabowo-Sandi Kalah di TPS Rutan Medaeng Tempat Ahmad Dhani Mencoblos

Kompas.com - 17/04/2019, 18:33 WIB
Achmad Faizal,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pasangan capres dan cawapres 01, Jokowi-Ma'ruf Amin, tercatat unggul atas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tempat Ahmad Dhani mencoblos, yakni di TPS 31 kompleks Rutan Kelas 1 Surabaya Medaeng Sidoarjo.

Dari hasil penghitungan suara yang diperoleh Kompas.com, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dipilih oleh 139 penghuni Rutan Medaeng, sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 118 suara.

"Ada 6 suara pilpres yang tidak sah," kata Arif, anggota Panwascam Waru Sidoarjo, Rabu (17/4/2019).

Baca juga: TPS Unik di Rutan Ahmad Dhani dan Artis VA, Ajak Pemilihnya Lupakan Masa Lalu

Ahmad Dhani sendiri selama ini dikenal sebagai musisi yang pendukung Prabowo-Sandi. Bahkan dia tercatat sebagai caleg Partai Gerindra untuk DPR RI dari daerah pemilihan Surabaya-Sidoarjo. Selain Ahmad Dhani, artis VA juga mencoblos di TPS yang sama di kompleks Rutan Medaeng.

Tempat pemungutan suara (TPS) 31 Rutan Medaeng saat hari pemungutan suara Pemilu 2019 didesain dengan tema Bui.

Ada 4 TPS yang dibuka di kompleks Rutan Medaeng, yakni TPS nomor 30, 31, 32, dan 33. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Susy Susilawati, tidak semua penghuni Rutan Medaeng bisa mencoblos saat Pemilu 2019 kali ini.

"Dari 2.000 lebih yang ada, setelah diferivikasi administrasi oleh KPU Sidoarjo, hanya 504 yang bisa memilih," jelasnya.

Baca juga: Ahmad Dhani dan Artis VA Nyoblos di TPS Bui

TPS Bui dibangun di ruangan khusus di kompleks Rutan Medaeng. Di ruangan tersebut ada pembatas berbahan kayu menyerupai jeruji besi. Beberapa sisi dinding ruangan terdapat gambar karikatur yang menggambarkan penyesalan seseorang yang berada di dalam penjara.

Semua petugas KPPS di TPS Bui mengenakan atribut tahanan bermotif hitam putih garis-garis dan mengenakan penutup kepala berwarna hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com