Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Pilpres 2019: Jokowi-Ma'ruf Menang di Semua TPS di Kabupaten Puncak Papua

Kompas.com - 17/04/2019, 18:12 WIB
Dhias Suwandi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Ketua KPUD Kabupaten Puncak, Yopi Wonda, menyebut Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Joko Wirodo-Ma'aruf Amin menang diseluruh TPS yang ada di daerah tersebut.

Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Puncak, Papua, menggunakan Sistem Noken/Ikat dan terdapat 606 TPS dengan jumlah DPT mencapai 158.330 orang.

"Untuk capres kami sudah dapat info, dimana capres 01 sudah meraih suara hampir seratus persen menang di semua TPS, meski kita masih harus menanti hasil resmi saat pleno nanti," ujarnya melalui rilis, Rabu (17/04/2019).

Namun untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) ia mengaku belum mendapatkan informasi mengenai perolehan suara.

Baca juga: Ini Hasil Perhitungan Suara Pilpres di 6 TPS Kota Jayapura

Sementara Bupati Puncak, Willem Wandik, mengungkapkan sebelum pelaksanaan Pemilu Serentak 2019, masyarakat di daerah tersebut, melalui tokoh-tokoh adat sudah bersepakat memberikan dukungan kepada pasangan Capres dan Cawapres 01.

Dengan penggunaan sistem noken/ikat yang telah diperbolehkan oleh Mahkamah Konstitusi, memungkinkan untuk pasangan tertentu memperoleh suara mutlak.

"Seperti yang sudah saya sampaikan dari awal, bahwa masyarakat di Kabupaten Puncak dari awal sepakat membungkus suara untuk pasangan Jokowi-Amin, dan terbukti sampai sore ini, dari data lapangan yang kami peroleh, hampir 158 ribu suara dari masyarakat Puncak, semuanya diberikan ke Jokowi-Amin," tuturnya.

Baca juga: Bawaslu Akan Investigasi soal Distribusi Logistik yang Sebabkan Pemilu Susulan di Kota Jayapura

Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Puncak, kata Wandik, berlangsung dengan tertib dan aman. Hingga kini ia mengaku belum mendapat laporan mengenai adanya masalah di lokasi TPS.

"Harapan kami Polri dan TNI, pemerintah daerah, kondisi ini bisa aman sampai dengan perhitungan suara dan pleno, tetap terjaga keamanannya dan proses ini bisa berjalan aman dan lancar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com