Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Tinjau Pencoblosan di Kawasan Banjir

Kompas.com - 17/04/2019, 12:52 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau proses pencoblosan Pemilu 2019 di TPS 136 dan 137 di Taman Ceria RT 02 RW 21 Desa Baleendah, Kabupaten Bandung, Rabu (17/4/2019).

TPS itu merupakan dua dari 218 TPS di Kabupaten Bandung yang direlokasi akibat banjir. Pantauan Kompas.com, Ridwan Kamil tiba di lokasi sekitar pukul 12.10 WIB. Sebelumnya, ia sempat meninjau sejumlah TPS di Kota Bandung dan Cimahi.

Sejumlah lokasi tampak masih tergenang di sekitar TPS. Untuk menjaga angka partisipasi petugas KPU bersama BPBD, Polisi, dan TNI melakukan antar jemput para pemilih yang bermukim di daerah genangan.

"Sekarang melihat karena kami mendengar di musim hujan apakah banjir ini mempengaruhi partispasi. Alhamdulilah berkat kepemimpinan dari Pak Bupati dan KPU ternyata bisa diselesaikan dari hampir 218 (TPS terdampak) sudah mendapatkan lokasi baru," ujar Emil, sapaan akrabnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Imbau Pendukung Paslon Pemenang Tak Turun ke Jalan

Dari laporan sementara, kata Emil, tingkat partisipasi warga di TPS sudah mencapai 70 persen. Menurutnya, angka tersebut sudah cukup tinggi, apalagi berlokasi di daerah bencana banjir.

"Intinya di TPS 137 dan 136 partisipasi sudah di atas 70 persen. Artinya antusiasme warga luar biasa. Warga yang akan datang ke sini bisa lewat darat atau ada fasilitas penjemputan khusus daerah terkendala, tadi saya lihat ada perahu bermesin dijemput dan diantar kembali ke daerahnya," ungkapnya.

Ia berpendapat, langkah antisipatif itu bisa menjaga semangat dan profesionalme KPU selaku penyelenggara. Ia pun tak lupa mengingatkan agar warga tak menggelar ekspresi berlebihan setelah hasil hitung cepat diumumkan.

"Cukup nikmati saja proses demokrasi ini pantau dari rumah. Dan siapapun yang terpilih hakikatnya itu takdir Allah sudah izin Allah jadi tidak usah di kenapa-kenapa kita terima dan kita dukung karena semuanya orang baik orang terpilih yang akan memimpin Indonesia dan wakil rayat kita," jelasnya. 

Baca juga: Bersama Istri dan Anak, Ridwan Kamil Nyoblos di TPS 32 Cigadung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com