Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, TPS di Solo Ini Bertema 'Becak'

Kompas.com - 17/04/2019, 05:59 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com - Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 di Kampung Cinderejo Lor, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, terlihat berbeda dari TPS pada umumnya.

TPS yang lokasinya berada di sebelah selatan Kali Pepe ini mengusung tema 'becak'.

Semua ornamen yang digunakan untuk TPS 10 menggunakan becak. Mulai dari tempat pendaftaran, bilik suara, kotak suara, hingga tempat pencelupan tinta warga setelah mencoblos, semuanya menggunakan becak.

Bahkan, para petugas Kelompok Penyelanggara Pemungutan Suara (KPPS) yang melayani warga saat proses pencoblosan juga akan duduk di becak.

Baca juga: TPS di Ngawi Dihias Seperti Rumah Warga yang Punya Hajatan Pernikahan

Tidak hanya itu saja, TPS 10 Kampung Cinderejo Lor dilengkapi dengan 16 bendera partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019.

Ada PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, NasDem, Partai Garuda, Partai Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Demokrat, PBB dan PKPI.

Kemudian, pada bagian depan terpasang spanduk penyambutan warga yang datang ke TPS 10 Cinderejo Lor. Spanduk itu bertulis 'Sugeng Rawuh Selamat Nyoblos' TPS 10 Cinderejo Lor Coblosan di Becak.

Warga bergotong royong membuat TPS Becak di di Kampung Cinderejo Lor, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Selasa (16/4/2019).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Warga bergotong royong membuat TPS Becak di di Kampung Cinderejo Lor, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Selasa (16/4/2019).

Ketua KPPS TPS 10, Daryanto (55) mengatakan, pembuatan TPS becak ini merupakan inisiatif warga RT 001 RW 005 Kampung Cinderejo Lor. TPS ini dibuat dengan menggunakan dana sukarela dari warga.

Adapun alasan mengusung tema becak tersebut adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Sebab, Daftar Pemilih Tetap (DPT) TPS 10 Kampung Cinderejo Lor ada sebanyak 218 orang.

Baca juga: Petugas Diharapkan Datangi Penyandang Disabilitas yang Tak Bisa ke TPS

"Pemilu lima tahun kemarin dekorasi TPS-nya biasa-biasa saja, tidak seperti sekarang ini dengan nuansa becak. Selain menarik, juga untuk meningkatkan partisipasi pemilih," kata Daryanto, di Solo, Jawa Tengah, Selasa (16/4/2019).

Meski menggunakan becak, pria yang juga Ketua RT 001 RW 005 Kampung Cinderejo Lor ini menjamin keamanan dan kerahasiaan warga saat menggunakan hak pilihnya.

"Ada empat bilik suara yang kami sediakan saat pencoblosan. Semuanya tertutup hanya warga yang mencoblos saja yang tahu," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com