Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPPS Bone Bolango Sumbangkan Seluruh Honor untuk Dirikan TPS Berkonsep Pesta Pernikahan

Kompas.com - 16/04/2019, 19:04 WIB
Rosyid A Azhar ,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com -  Seluruh honor Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 2 Desa Huangobotu, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango digunakan untuk mendirikan TPS berkonsep pesta pernikahan.

Ketua KPPS 2 Desa Huangobotu, Yusnita Rahman mengatakan, hal itu dilakukan anggota KPPS untuk menarik lebih banyak pemilih. Ini yang akan menjadi daya tarik pemilih untuk datang mencoblos pada Rabu (17/4/2019).

TPS yang dibangun ini berada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Inengo. Seluruh area TPS dihiasi dengan berbagai macam pernak-pernik bagai acara resepsi pernikahan.

“Dengan konsep ini diharapkan menjadi daya tarik bagi warga sebagai pemilih untuk memberikan hak suaranya,” kata Yusnita, Selasa (16/4/2019).

Baca juga: Perjuangan Menempuh Perjalanan 30 Km Antar Surat Suara ke TPS Terpencil di Jombang

Yusnita menjelaskan, konsep ini digagas oleh seluruh anggota KPPS 2 dengan melibatkan masyarakat dan pemerintah Desa Huangobotu.

Anggaran yang diberikan untuk pembuatan TPS ini sebesar Rp1,6 juta. Tidak cukup untuk membiayai pembuatan dekorasi seperti sekarang ini.

Baca juga: Antisipasi Hujan, KPPS di Sumedang Pakai Keresek untuk Tampung Surat Suara hingga Bikin TPS di Rumah Warga

 

Oleh karena itu seluruh honor ketua dan anggota KPPS disumbangkan untuk menambah biaya pembuatan TPS yang didesain seperti suasana pernikahan ini.

“Kami berharap dengan konsep ini, masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya untuk mensukseskan pemilu serentak ini,” Yusnita.

Bupati Hamim Pou bersama Kepala Kejaksaan Negeri, Daniel Martua Hutagalung dan Perwira Penghubung Kodim 1304 Gorontalo Mayor Inf Abubakar saat meninjau TPS ini, mengapresiasi kreativitas KPPS.

“Ini ide dan pengbdian yang luar biasa, terutama petugas KPPS-nya karena mendedikasikan honornya untuk menyemarakan TPS supaya makin banyak pemilih yang datang,” ujar Hamim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com