Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jabar Gelontorkan Dana Rp 105 Miliar Untuk Pengamanan Pemilu 2019

Kompas.com - 16/04/2019, 15:19 WIB
Dendi Ramdhani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengucurkan dana Rp 105 miliar untuk pengamanan Pemilu 2019.

Anggaran itu dialokasikan untuk sejumlah instansi seperti Kepolisian, Satpol PP, dan Kesbangpol.

Dari total anggaran tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Rp 83 miliar dihibahkan kepada Polda Jabar, Rp 18 miliar untuk Satpol PP dan Linmas.

Baca juga: Ridwan Kamil Minta Pemilihan Rektor Unpad Tak Berlarut-larut

"Dan Rp 4 miliar untuk pemantauan melalui Kesbangpol. Sudah didistribusikan untuk memastikan keamanan Pemilu," ucap Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (16/4/2019).

Ia berharap, Pemilu tahun ini berjalan lancar tanpa ada provokasi yang membuat warga resah. Ia ingin kondusivitas sosial dan politik pada Pilkada 2018 jadi cermin pesta demokrasi tahun ini.

"Demokrasi ini mahal secara teknis dan psikologis. Siapapun yang terpilih sebagai pemimpin itu sudah izin Allah. Mari kita terima, mari bergerak membuat Indonesia yang lebih juara untuk cita-cita bersama," tutur dia.

Baca juga: Bertaruh Nyawa Seberangi Ganasnya Lautan Demi Pemilu di Kepulauan Aru

Sementara itu, Ketua KPU Jabar Rifqi Alimubarok mengatakan, tiap TPS akan diisi oleh 9 orang petugas terdiri dari petugas KPPS, Linmas. Jumlah TPS di Jabar mencapai 138.000.

"Kami pastikan jumlah personel KKPS 950.000 personel, ditambah petugas keamanan dua orang yang didata dan direkrut dari Linmas. Kalau dijumlahkan, hampir 1,2 juta personel di TPS dan itu sudah dipastikan siap," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com