Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santri Dominasi Pemilih Pendatang di Magelang

Kompas.com - 14/04/2019, 11:22 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Sebanyak 2.655 orang pemilih tercatat masuk ke Pemilu 2019 di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sebagian besar mereka adalah para santri yang sedang belajar di pondok pesantren di wilayah ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang Afiffudin menyebutkan, para pemilih yang masuk tersebut terdiri dari pemilih laki-laki 1.369 orang dan perempuan 1.286 orang.

Adapun total jumlah DPTHP-2 di Kabupaten Magelang ada 988.879 orang pemilih.

"Dari total pemilih masuk tersebut, ada 556 pemilih berdomisili di Kecamatan Tegalrejo dan 482 ada di Kecamatan Sawangan. Mayoritas santri dan mahasiswa," jelas Afif, Minggu (14/4/2019).

Baca juga: Pemilih Galau, Penentu Kemenangan Capres di Sulawesi Selatan yang Labil

Kemudian untuk pemilih yang keluar sebanyak 4.032 orang, terdiri dari perempuan 2.054 orang dan laki-laki 1.978 orang. Para pemilih keluar beralasan merantau, bekerja dan sekolah.

Secara terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M Habib Sholeh mengatakan, potensi besar pemilih yang memanfaatkan formulir A5 untuk pencoblosan antara lain santri, mahasiswa dan warga pindahan.

“Kami telah meminta data A5 by name ke KPU. Jadi sebelum pemilu dimulai, pengawas tingkat kecamatan dan TPS sudah pegang data dan memetakannya. Kalau biasanya pegang data hari H," jelas Habib.

Baca juga: Pemilih Pendatang 1.904 di Kabupaten Bogor, Gunung Putri yang Terbanyak

Dengan demikian, pada saat pencoblosan dan perhitungan suara tanggal 17 April 2019, potensi kesalahan bisa diminimalisasi.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com