Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Mamberamo Raya, Papua

Kompas.com - 13/04/2019, 11:37 WIB
Dhias Suwandi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - KM Sumber Harapan yang mengangkut BBM industri terbakar di Pelabuhan Kasonaweja, Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, Jumat (12/4/2019) dini hari.

Sebelumnya kapal tersebut berlayar dari Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, dengan membawa BBM jenis premium non-subsidi.

"Pada pukul 03.20 WIT saat itu para saksi sedang tidur tiba-tiba saksi mendengar bunyi ledakan setelah itu keluar untuk mengecek ternyata api sudah membesar di depan kapal," ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal, melalui rilis, Sabtu (13/4/2019).

Baca juga: Penyebab Kapal Terbakar di Dermaga Pelabuhan Rakyat Selayar

Kemudian saksi berusaha untuk memadamkan api dengan air namun api tambah membesar dan mulai merambat ke perumahan warga yang ada di sekitar pelabuhan.

Kamal mengatakan, karena api tak kunjung padam, maka masyarakat dan kru kapal memutuskan untuk memotong tali pengikat sehingga kapal hanyut ke sungai dalam keadaan terbakar.

"Api sempat merambat ke bagian depan Kapal Tiga Samudara milik H Idris yang ada di belakang, namun dengan cepat diselamatkan sehingga hanya bagian depan kapal tersebut yang terbakar," tutur dia.

Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa dan kerugian material kurang lebih Rp 500 juta, baik dari kapal maupun BBM yang masih berada di dalam kapal.

Baca juga: Korban Selamat Kapal Terbakar Kepulauan Seribu Ditemukan Terombang-ambing

Polres Mamberamo Raya tengah melakukan penyelidikan dan memintai keterangan dari lima orang saksi yang nerupakan ABK KM Sumber Harapan untuk mengetahui penyebab terbakarnya kapal tersebut.

"Saat ini, para ABK sementara dibawa ke Mapolres untuk dimintai keterangan guna mengetahui penyebab kebakaran," kata Kamal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com