Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-gempa Banggai Kepulauan, Warga Masih Mengungsi di Dataran Ketinggian

Kompas.com - 12/04/2019, 23:06 WIB
Amran Amir,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LUWUK, KOMPAS.com - Setelah gempa magnitudo 6,9 yang mengguncang Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (12/04/2019) malam pukul 19.40 Wita, warga mengungsi di sejumlah tempat ketinggian untuk menghindari tsunami.

Warga setempat yang kami konfiirmasi via telepon, Emil Hamid mengatakan bahwa warga yang bermukim di sepanjang pantai telah mengungsi mencari tempat yang lebih aman di tempat tinggi.

Warga mengungsi ke atas Bukit Mambual, kelurahan Bukit Mambual, dan tempat tinggi lainnya, yaitu kompleks Puge, Kampung Baru kelurahan Mangkio Baru, kelurahan Hanga-hanga dan Halimun atau lokasi kantor Bupati Luwuk,” kata Emil, Jumat.

Baca juga: 1 Warga Meninggal saat Selamatkan Diri Pasca-gempa Banggai Kepulauan

Menurutnya, saat gempa terjadi, warga langsung berlarian menyelamatkan diri hingga menyebabkan suasana sepanjang jalan macet.

“Tadi warga di Mahas di daerah pinggir pantai saat habis gempa langsung antisipasi dengan berlarian ke atas ketinggian, dan sampa saat ini warga belum berani kembali atau ke bawah melihat air, hanya ada bbeerapa saja yang memantau, apalagi saat ini masih terjadi kemacetan di jalan,” ucapnya.

Daerah pinggiran pantai di Luwuk yang warganya mengungsi saat ini yaitu Daerah Mahas, Kilo 5 dan Lalong.

Baca juga: Dampak Gempa Sulteng, Warga di Bobong Maluku Utara Mengungsi ke Gunung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com