Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNPB Lakukan Pendataan Dampak Gempa Berkekuatan 6,9 di Sulawesi Tengah

Kompas.com - 12/04/2019, 20:28 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sampai saat ini masih melakukan pendataan dan pemantauan dampak gempa berkekuatan magnitudo 6,9  yang mengguncang Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Jumat (12/4/2019) pukul 18.40 WIB.

Hal ini diketahui dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com dari Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho, sesaat setelah peringatan tsunami dicabut.

"BPBD saat ini masih melakukan pendataan dan pemantauan dampak gempa M 6,9. Beberapa daerah listrik padam," kata Sutopo.

“Posko BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD. Update dampak gempa akan disampaikan berikutnya," tuturnya.

Meski potensi tsunami sudah dicabut, masyarakat di sekitar pesisir Kabupaten Morowali yang sebelumnya dinyatakan berpotensi tsunami dengan tingkat waspada, diminta untuk terus meningkatkan kewaspadaan.

Dari informasi yang terhimpun, banyak warga pesisir di luar Kabupaten Morowali mengungsi ke bukit-bukit dan daerah yang lebih tinggi.

Misalnya warga di Luwuk, Kabupaten Banggai, warga Kabupaten Banggai Kepulauan, hingga warga di Taliabu, Maluku Utara pun ikut mengungsi karena juga merasakan guncangan gempa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com