Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Pembunuhan Mayat Dalam Koper Eksekusi Korban di Warung Kopi

Kompas.com - 12/04/2019, 15:15 WIB
Achmad Faizal,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SURABAYA, KOMPAS.com - Budi Hartanto (28), guru seni tari honorer Pemkab Kediri dibunuh di sebuah warung kopi di Jalan Surya Kabupaten Kediri.

Aksi pembunuhan itu dilakukan sehari sebelum jasadnya ditemukan di pinggir sungai bawah Jembatan Desa Karanggondang, Kecamatan Udanawu, Blitar, Jawa Timur, Rabu (3/4/2019).

"Pelaku AP menyewa ruangan di warung kopi di Jalan Surya Kediri. Korban dibunuh di situ," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Frans Barung Mangera, Jumat (12/4/2019).

Baca juga: Potongan Kepala Mayat dalam Koper Akan Langsung Dimakamkan

Setelah aksi pembunuhan itu, kata Barung, pelaku membawa jenazah Budi Hartanto untuk dibuang ke Blitar dengan tujuan menghilangkan jejak pembunuhan.

"Saat ini, polisi sedang merekontruksi aksi pembunuhan dengan melibatkan 2 pelaku yang sudah ditangkap. Pelaku dibawa ke lokasi-lokasi fakta pembunuhan (yang) dilakukan," ujar dia.

Aksi pembunuhan kepada pemilik sanggar tari di Kediri ini disebut sadis, karena setelah korban dibunuh, pelaku memisahkan kepala dengan tubuhnya.

Tubuh Budi dimasukkan dalam koper dan bagian kepalanya dibuang ke tempat lain.

Baca juga: Pembunuh Mayat Dalam Koper Adalah Teman Dekat Korban

"Motif pemisahan bagian tubuh ini juga sedang didalami, apakah disengaja agar tubuhnya muat dimasukkan ke dalam koper atau bagaimana, ini masih didalami," ujar dia.

2 pelaku pembunuhan yakni AP dan AK pada Kamis (11/4/2019) dimankan di lokasi berbeda. AP diamankan di Jakarta, sementara AJ diamankan di Kediri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com