Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Pakai Identitas Ayah, Penyebab Tagihan "Game Online" Ibu di Kediri Rp 11 Juta

Kompas.com - 11/04/2019, 11:02 WIB
M Agus Fauzul Hakim,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KEDIRI, KOMPAS.com - Tagihan pembayaran game online yang harus dibayar Ririn Ike Wulandari (37), seorang ibu di Kediri, Jawa Timur, total mencapai angka Rp 11.994.000.

Itu setelah Ririn melakukan penghitungan ulang dengan mengacu pada histori transaksi pembelian fasilitas di tiga game yang dimainkan anaknya. Game online itu yakni Minecraft, Mobile Legend, serta Free Fire.

"Untuk transaksi berdasarkan invoice sudah saya rekap terpisah berdasarkan gamenya," ujar Ririn Ike Wulandari ketika ditemui Kompas.com di rumahnya, Kamis (11/4/2019)

Dari penghitungannya itu dia menemukan sebanyak 49 transaksi. Jumlah itu Ririn tidak menghitung beberapa transaksi yang berhasi dibatalkan dari Google Play.

Baca juga: Cerita Ibu di Kediri Kaget Dapat Tagihan Game Online Rp 11 Juta

Besaran transaksi itu berbeda-beda tiap jenis game online dengan pembelian minimal Rp 15.000 hingga Rp 1 juta lebih.

Untuk Mobile Legend total tagihan transaksi Rp 3.431.000, Free Fire Rp.6.577.000, serta Minecraft dengan total tagihan Rp 789.000.

Saat ini dia juga tengah melakukan daya upaya sekuat tenaga menyelesaikan masalah itu. Dia masih punya kesempatan penyelesaian sebelum tenggang pembayaran tagihan telepon pascabayar yang jatuh pada tiap tanggal 20.

Selain itu dia juga punya kesempatan untuk melakukan klaim keberatan di Google Play hingga waktu 90 hari usai transaksi.

Langkah itulah yang kini sedang dia lakukan. Yakni menghubungi langsung pengembang game maupun Google Play untuk membatalkan transaksi.

"Saya ambil dua cara itu," imbuhnya.

Baca juga: Kronologi Ibu di Kediri yang Dapat Tagihan Game Online Rp 11 juta

Dari upayanya itu, dia berhasil melakukan pembatalan pembelian pada beberapa transaksi. Bahkan pada game Minecraft, Ririn berhasil Refund total terhadap dua transaksi pada game itu dengan nominal Rp 789.000.

Dia kini masih menunggu hasil pembatalan transaksi lainnya yang prosesnya sedang berlangsung. Dia tengah berjuang agar semakin banyak transaksi yang dapat dibatalkan.

"Ini masih terus berjuang melakukan pembatalan," lanjutnya.

Pakai identitas ayah

Screenshoot curhatan Ririn Ike Wulandari (37), seorang ibu di Kediri, Jawa Timur yang mendapat tagihan pembayaran game online anaknya hingga lebih dari Rp 11 juta, di akun Facebooknya. Dok. Facebook Ririn Ike Wulandari Screenshoot curhatan Ririn Ike Wulandari (37), seorang ibu di Kediri, Jawa Timur yang mendapat tagihan pembayaran game online anaknya hingga lebih dari Rp 11 juta, di akun Facebooknya.
Sebelumnya diberitakan, Ririn kaget mengetahui tagihan telepon pascabayar milik suaminya membengkak dari biasanya Rp 40.000 mendadak berubah menjadi Rp 11 juta.

Usut punya usut, anak lelakinya yang masih usia 12 tahun dan duduk di bangku kelas 6 SD menggunakan nomor telepon dan email ayahnya, tanpa sepengetahuan orang tuanya, untuk membeli fasilitas game online itu.

Kisahnya ini awalnya diceritakan oleh Ririn melalui akun Facebook dengan nama yang sama. Ririn membuat hingga lima catatan tentang kisahnya itu. 

Baca juga: Ini Upaya Ibu di Kediri Bayar Tagihan Game Online Anak Rp 11 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com