Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Kampanye Jokowi di Probolinggo, Yakin Menang Usai Salaman dengan Wali Kota hingga Singgung Kekalahan di Pilpres 2014

Kompas.com - 11/04/2019, 09:00 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo yakin menang di wilayah Jawa Timur. Dirinya menargetkan 70 persen suara di wilayah tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat berkampanye di Probolinggo, Jawa Timur pada hari Rabu (10/4/2019).

Jokowi sempat membuat para pendukungnya bersorak kegirangan saat mengatakan dirinya pasti menang setelah bersalaman dengan Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin.

Berikut ini fakta kampanye Jokowi di Probolinggo:

1. Jokowi yakin menang usai salaman dengan Wali Kota

Jokowi memilih tomat dan kedongdong, lalu ditimbang sendiri di Pasar Wonoasih.KOMPAS.com/A. Faisol Jokowi memilih tomat dan kedongdong, lalu ditimbang sendiri di Pasar Wonoasih.

Saat berkampanye di Probolinggo, Jokowi sempat bergurai dengan mengatakan keyakinan dirinya akan meraup suara banyak setelah bersalaman dengan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin.

"Saya tadi salaman cukup lama dengan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin. Salamannya lama itu artinya beliau mendukung 100 persen. Kalau lemas, berarti setengah-setengah. Insya Allah kita jadi pemenang di Kota Probolinggo," katanya, Rabu (10/4/2019).

Pernyataan tersebut segera disambut tepuk tangan dan sorak sorai pendukungnya yang hadir.

Baca Juga: Jokowi Yakin Menang Usai Salaman dengan Wali Kota Probolinggo

2. Jokowi singgung kekalahan saat Pilpres 2014

Hampir seribu nyai pesantren di Kabupaten Probolinggo berikrar memenangkan Jokowi-Maruf.KOMPAS.com/A. FAISOL Hampir seribu nyai pesantren di Kabupaten Probolinggo berikrar memenangkan Jokowi-Maruf.

Seperti diketahui, pada Pilpres 2014, ketika berpasangan dengan Jusuf Kalla, Jokowi kalah di Kota Probolinggo.

Hal itu di luar dugaan, sebab Kota Probolinggo adalah basis PDI-Perjuangan yang merupakan partai pengusung Jokowi bersama calon wakil presiden Ma'ruf Amin.

Saat itu, hasil rekapitulasi suara di KPU pada Pilpres 2014 lalu, Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Hatta Rajasa saat itu memenangi suara warga di Kota Probolinggo.

Prabowo-Hatta meraih 69.112 suara, sementara Jokowi-JK meraup 58.149 suara. Padahal, tim sukses Jokowi menargetkan raihan 70 persen suara.

"Saya punya feeling ada kejutan di Jawa Timur. Kita yakin bisa meraup suara 70 persen. Pada 2014, biarlah itu masa lalu, enggak papa hanya meraih 53 persen. Tapi sekarang minimal 70 persen ingat itu angka minimal," tegas Jokowi.

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Sekarang Kita Menghadapi Banjir Hoaks dan Fitnah

3. Jokowi ingatkan lagi soal hoaks

Presiden RI Joko Widodo menghadiri acara silaturahim nasional kepala desa di Stadion Tennis Indoor, Senayan, Rabu (10/4/2019). KOMPAS.com/JESSI CARINA Presiden RI Joko Widodo menghadiri acara silaturahim nasional kepala desa di Stadion Tennis Indoor, Senayan, Rabu (10/4/2019).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com