Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amunisi Kubu Jokowi-Ma'ruf Amin Kuasai Suara Jawa Timur

Kompas.com - 11/04/2019, 07:49 WIB
Ghinan Salman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com – Sekretaris TKD Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Timur, Aminurakhman mengatakan, berdasar pemetaan secara internal yang dilakukan TKD Jawa Timur, pihaknya optimistis Jokowi-Ma’ruf Amin unggul di Jawa Timur.

Salah satu dasar keyakinannya yakni mayoritas kepala daerah di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur yang berasal dari partai politik pengusung capres-cawapres nomor urut 01 itu.

Selain itu, kekuatan dari massa calon legislatif yang berasal dari parpol koalisi membuktikan bahwa partai koalisi tetap bekerja untuk Jokowi-Ma’ruf Amin.

”Saya punya keyakinan Pak Jokowi punya peluang menang di Jawa Timur. Jadi, dari kabupaten/kota yang berjumlah 38 di Jatim, itu sebagian besar kepala daerahnya adalah dari parpol koalisi,” kata Aminurakhman, kepada Kompas.com, Sabtu (6/4/2019).

Baca juga: Jokowi: Jawa Timur Minimal Kita Raup 70 Persen

Kepala daerah yang berasal dari parpol koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin, kata Aminurakhman, secara langsung atau tidak, tetap mempunyai pengaruh terhadap pemilih.

Sebab, kepala daerah merupakan bagian dari simbol tokoh dan simbol politik di masing-masing kabupaten-kota.

Politisi Partai Nasdem ini juga yakin Jokowi-Ma’ruf Amin unggul di Jatim dalam Pemilu 2019 karena merupakan basis PDI-Perjuangan. TKD Jawa Timur, lanjut dia, menargetkan suara untuk Jokowi-Ma’ruf Amin bisa di atas 60 persen.

”Jadi, basisnya PDI-P dan partai koalisi itu luas sekali. (Kepala daerah) mulai dari timur Banyuwangi PDI-P, geser ke barat Bondowoso itu PPP, di Jember Nasdem, Lumajang PKB, Probolinggo Nasdem, Kota Probolinggo PKB, Pasuruan PKB, Kota Pasuruan Golkar,” sebut dia.

Dukungan NU

Sementara itu, Wakil Sekretaris TKD Jokowi-Ma’ruf Amin Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno, menyatakan hal yang sama mengenai elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin di Jawa Timur.

Sebab, berdasarkan hasil sejumlah lembaga survei, kekuatan Jokowi-Ma’ruf Amin di Jawa Timur berada di atas 55 persen atau hampir mendekati 60 persen.

Terlebih lagi, ulama-ulama dari Nahdlatul Ulama yang memiliki basis massa besar di Indonesia, khususnya Jawa Timur, lanjut dia, telah memberikan dukungannya dan berkomitmen memberikan suaranya untuk Jokowi-Ma’ruf Amin.

Menurut Sri Untari, ulama besar dari NU telah menyampaikan dukungan untuk memerintahkan semua alumni, semua santri, dan semua keluarga besar untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sebab, Jokowi sendiri didampingi oleh ulama, yakni Ma’ruf Amin yang memiliki pengaruh kuat di NU.

Baca juga: Caleg Gerindra di Palembang Dipecat karena Hadiri Kampanye Jokowi

”Kami menjadi lebih yakin dan lebih membesarkan hati dengan totalitas dukungan dari semua elemen masyarakat,” kata Untari.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com