Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa yang Demo Tolak Izin Tambang Menginap di Kantor Gubernur Aceh

Kompas.com - 11/04/2019, 05:26 WIB
Raja Umar,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BANDA ACEH, KOMPAS.com - Para mahasiswa yang menggelar aksi menolak izin usaha tambang PT Emas Murni Mineral (EMM) hingga Rabu (10/4/2019) pukul 23.00 WIB masih bertahan di pekarangan kantor Gubernur Aceh, karena Plt Gubernur Nova Iriansyah tak kunjung bersedia hadir menemui massa yang telah berulang kali melakukan aksi serupa.

Pantauan Kompas.com, mahasiswa yang disebut berjumlah ribuan dari berbagai universitas baik negeri maupun swasta di Banda Aceh itu menggelar aksi lanjutan meminta Plt Gubernur Aceh untuk membatalkan izin tambang PT EMM.

Aksi yang berlangsung di ruas jalanan depan Kantor Gubernur Aceh sejak Rabu pagi itu mengakibatkan satu ruas jalan terpaksa ditutup dan dialihkan.

Baca juga: Tolak Izin Tambang di Aceh, Demo Mahasiswa Ricuh di Kantor Gubernur

Menjelang sore, seluruh peserta aksi mencoba masuk ke dalam halaman kantor Gubernur Aceh setelah berhasil mendobrak pintu gerbang dan pagar yang dijaga aparat pengamanan dari polisi dan Satpol PP.

Awalnya, susana massa pendemo dengan petugas sempat memanas, namun situasai dapat dikendalikan setelah massa duduk sambil berorasi di halaman kantor gubernur.

Untuk menjaga aksi menyampaikan aspirasi berlangsung tertib, Kapolresta Banda Aceh Kombes Trisno Riyanto sempat turun menemui massa. Dihadapan mahasiswa, Trisno mengaku sudah menghubungi Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah untuk menjumpai mereka.

"Kami minta rekan-rekan agar tenang dan tertib melakukan aksi. Kami juga ingin aspirasi mahasiwa diterima oleh pemerintah," kata dia.

Baca juga: Pukul Polisi Saat Demo, Mahasiswa Makassar Ditangkap

Sementara itu, Mutawali, Koordinator Korps Barisan Pemuda Aceh (BPA) mengatakan, massa aksi tolak izin tambang PT EMM itu akan terus bertahan hingga Plt Gubernur Nova Iriansyah datang menjumpai massa dan menyampaikan pernyataan mencabut izin tambang.

"Kami akan menggelar aksi ini sampai dengan izin PT EMM dicabut, dan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah hadir menjumpai kami untuk mengeluarkan statment secara terbuka, bahwa beliau bersama rakyat," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com