Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Tinggal 8 Hari Kita Gunakan Betul-betul untuk Konsolidasi

Kompas.com - 09/04/2019, 21:54 WIB
Labib Zamani,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Calon Presideb (Capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), mengajak para pendukungnya memanfaatkan sisa waktu kampanye yang tinggal delapan hari untuk bekerja keras demi memanangkan Pilpres 2019.

Hal tersebut disampaikan Jokowi, dihadapan para pendukungnya dalam kampanye rapat umum terbuka di Stadion Sriwedari Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2019).

"Sekali lagi kita harapkan, waktu yang tinggal delapan hari ini kita gunakan betul-betul untuk konsolidasi, menyampaikan kepada para tetangga-tetangga kita, saudara-saudara kita, kawan-kawan kita, teman-teman kita agar semuanya tanggal 17 April nanti, nyoblosnya nomor," kata Jokowi dihadapan pendukungnya.

Serentak para pendukungnya pun menjawab, "satu,"

Baca juga: Di Bandung Bandung Barat, Ridwan Kamil Minta Pendukungnya Tidak Tidur Sampai Jokowi Menang

Dalam kesempatan itu, Jokowi. Memperkenalkan tiga kartu sakti kepada para pendukungnya di Solo. Tiga kartu sakti itu, katanya baru akan diterbitkan pada 2020, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Pra Kerja, dan Kartu Sembako Murah.

Menurutnya, KIP Kuliah akan diberikan kepada pelajar SMA/SMK yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi atau universitas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Sehingga pelajar SMA/SMK yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi diberikan beasiswa.

"Sekarang ini kan sudah ada KIP, untuk SD, SMP dan SMA/SMK. Ini akan kita lanjutkan dengan yang namanya KIP Kuliah. Kartu ini kita berikan anak-anak kita SMA, SMK yang ingin melanjutkan ke akademi, perguruan tinggi, universitas, baik di dalam negeri maupun luar negeri," jelasnya.

Baca juga: Jokowi: Saya Tidak Mau Lagi di Jateng Hanya Menang 66 Persen

Masih lanjut Jokowi, kartu yang selanjutnya adalah Kartu Pra Kerja. Kartu ini diberikan kepada lulusan SMA dan SMK yang masih menganggur. Kemudian yang lulus akademi, maupun universitas bisa mendapatkan Kartu Pra Kerja ini.

"Atau korban PHK, bisa mendapatkan kartu ini. Dengan kartu ini akan dilakukan training-training, akan dilakukan pelatihan baik di dalam negeri, maupun luar negeri dalam waktu yang singkat. Dan segera mendapatkan pekerjaan," terangnya.

Kemudian kartu yang terakhir adalah Kartu Sembago Murah. Dengan kartu ini, para ibu rumah tangga akan mendapatkan diskon sesuai dengan yang telah ditentukan. Diskon yang diberikan itu bisa 50 persen, atau 40 persen.

"Dengan kartu ini, ibu-ibu bisa membeli beras, gula, minyak, beli telur dan lain-lainnya dengan harga yang mudah didiskon," tandas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com