KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Wali Kota Hendi Optimis Jokowi Dulang 75 Persen Suara di Semarang

Kompas.com - 09/04/2019, 11:37 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengaku optimis calon presiden (Capres) no urut satu, Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan suara 75 persen di wilayahnya.

Hal tersebut diungkapkan Hendi, sapaan akrab Hendrar, saat menghadiri deklarasi dukungan Relawan Pemuda Pancasila tingkat Jawa Tengah, Senin (8/4/2019).

"Semakin mendekati tanggal 17 April, dukungan kepada Pak Jokowi baik di tingkat Jawa Tengah mau pun Kota Semarang terus menguat. Kini ada Relawan Pemuda Pancasila Jateng yang juga mendeklarasikan dukungan," terang Hendi sesuai rilis yang Kompas.com terima, Selasa (9/4/2019).

Perlu diketahui, pada bulan Maret Relawan Pemuda Pancasila secara keseluruhan resmi mendeklarasikan dirinya sebagai bagian dari relawan pendukung pasangan Capres Jokowi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Meskipun begitu, lanjut Hendrar, dirinya meyakini jika dukungan Relawan Pemuda Pancasila di tingkat Jawa Tengah tersebut merupakan representasi bulatnya dukungan masyarakat kepada Jokowi baik di tingkat pusat, provinsi, maupun Kabupaten / Kota.

"Tentu saja semakin menguatkan dukungan kepada Jokowi di Jawa Tengah bersama dengan elemen masyarakat lainnya yang telah lebih dulu mendeklarasikan dukungan," lanjut Hendrar.

Sebagai informasi, pada Pilpres 2014 sendiri Jokowi mampu meraup suara yang cukup besar di Jawa Tengah dengan selisih suara sekitar 6,5 juta pemilih atas pesaingnya. Hal ini menjadikan Jawa Tengah sebagai wilayah lumbung suara terbesar Jokowi di Indonesia.

Di lingkup Jawa Tengah, Kota Semarang yang dipimpin oleh Hendi menjadi pendulang suara terbanyak dengan raihan  624.289 pemilih. Pada Pilpres 2019, Heendi pun optimis mampu mendulang suara kemenangan Jokowi di Semarang sebesar 75 persen.

"Kami merasa semakin optimis untuk mencapai target Pak Jokowi menang besar di Jawa Tengah," tegasnya.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com