Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Viral Sampah Plastik Mie Instan di Pantai, Menteri Susi Ikut "Retweet" hingga Berasal dari Tahun 2000

Kompas.com - 09/04/2019, 11:36 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Khairina

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Fianisa Tiara Pradani, pemilik akun Twitter @selfeeani, tak menyangka foto sampah plastik bungkus mie instan menjadi viral.

Kicauannya pun menarik perhatian Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti. Sang menteri pun me-retweet unggahan Fianisa tersebut.

Seperti diketahui, pada hari Minggu (7/4/2019), Fianisa mengunggah foto sampah plastik bungkus Indomie bertuliskan "Dirgahayu 55 Tahun Indonesiaku" di Pantai Sendang Biru di selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Fia, panggilan akrab Fianisa, tercatat sebagai mahasiswi angkatan 2015 Program Studi Kelautan Universitas Brawijaya.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Ditemukan saat penelitian untuk skripsi

Pulau Sempu tampak dari Pantai Sendang Biru Kabupaten Malang bagian selatan beberapa waktu lalu.KOMPAS.com / ANDI HARTIK Pulau Sempu tampak dari Pantai Sendang Biru Kabupaten Malang bagian selatan beberapa waktu lalu.

Fia mengatakan, sampah itu ditemukan saat mengambil sampel air dan sedimentasi di Sendang Biru bersama teman-temannya.

"Menemukannya itu sudah selesai ambil sampel air, nunggu surut. Ada sampah banyak, ya sudahlah, sekalian bersihin sampah," kata mahasiswa angkatan 2015 itu melalui sambungan telepon kepada Kompas.com, Minggu (7/4/2019) malam.

"Masak saya penelitian tidak bersihin sampah juga. Pikir saya seperti itu. Ambil-ambillah sampah plastiknya," lanjutnya kemudian.

Menurut Fia, sampel itu untuk penelitian skripsi yang menganalisis makro dan mikro plastik.

"Tadi pengambilan sampel yang ketiga. Maret saya sudah ke sana, Februari bahkan sudah survei," katanya. Meski begitu, Fia menilai bahwa kondisi sampah di Pantai Sendang Biru tidak sebanyak di pantai-pantai lain.

Baca Juga: Viral, Foto Sampah Plastik Bungkus Indomie Berusia 19 Tahun di Sendang Biru, Malang

2. Jadi viral, Fia tunjukkan keunikan sampah plastik Indomie

 

Foto sampah plastik bungkus Indomie bertuliskan Dirgahayu 55 Tahun Indonesiaku ditemukan di Pantai Sendang Biru di selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, viral di media sosial.dok Twitter Foto sampah plastik bungkus Indomie bertuliskan Dirgahayu 55 Tahun Indonesiaku ditemukan di Pantai Sendang Biru di selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, viral di media sosial.

Fia menemukan plastik bungkus Indomie bertuliskan "Dirgahayu 55 Tahun Indonesiaku" di Pantai Sendang Biru di selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, dan mengunggahnya di akun Twitternya.

Tak berselang lama, foto tersebut ramai diperbincangkan karena diduga berusia sekitar 19 tahun.

Unggahan Fia pun segera menuai banyak perhatian warganet. Bahkan, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti juga merespons dengan me-retweet melalui akun Twitter @susipudjiastuti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com