Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Swing Voters" Sumedang Tinggi, Timsus 1901 Jokowi-Amin Genjot Kampanye "Door to Door"

Kompas.com - 09/04/2019, 10:30 WIB
Aam Aminullah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Swing voters atau suara mengambang di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat masih tinggi.

Dari survei internal yang dilakukan Timsus 1901 Jokowi-Ma'ruf Amin Kabupaten Sumedang persentase swing voters di Kabupaten Sumedang ada di angka 20 persen.

Ketua Timsus 1901 Kabupaten Sumedang Hersa Santosa mengatakan, masih tingginya angka swing voters di Kabupaten Sumedang ini menjadi fokus perhatian timnya.

Untuk meraup suara dari swing voter di Kota Tahu ini, pihaknya gencar melakukan door to door campaign (Kampanye dengan cara menyapa langsung) di sisa 9 hari jelang 17 April 2019 ini.

Baca juga: 100 Polisi Bersenjata Lengkap Kawal Distribusi Logistik Pemilu di Sumedang

Adapun, kata Hersa, hasil survei terakhir yang dilakukan Timsus 1901 di 26 kecamatan se Sumedang, kemenangan pasangan capres cawapres nomor urut 01 sudah di angka 56 persen.

Persentase ini, sudah mendekati target kemenangan yang dikehendaki Timsus 1901 Sumedang yakni 65 persen.

"Target ini sangat mungkin terealisasi. Karena, saat kami survei, swing voters atau warga Sumedang yang belum menentukan pilihannya itu masih banyak, mencapai angka 20 persen," ujarnya kepada Kompas.com, usai rapat konsolidasi Menjemput Kemenangan Jokowi-Amin, di Sumedang kota, Senin (8/4/2019) siang.

Hersa menuturkan, selain melalui door to door campaign, menjelang detik-detik akhir pencoblosan ini, Timsus 1901 di seluruh wilayah kecamatan juga terus bergerak untuk meyakinkan warga agar pada waktunya nanti tidak ragu memilih Jokowi-Amin.

Baca juga: Dua Kelompok Pelajar SMK Cirebon Tawuran di Sumedang, Ini Kronologinya

Kehadiran Timsus 1901 di tiap kecamatan juga untuk menangkal berbagai hoaks yang menyerang pasangan capres cawapres nomor urut 01.

"Tim di tiap kecamatan juga terus bergerak. Mereka menjadi agen penyebarluas informasi terkait kinerja dan berbagai kesuksesan yang telah dicapai Pak Jokowi selama memimpin republik ini. Termasuk juga menjadi penangkal hoaks di daerah," tuturnya.

Hersa mengajak seluruh warga Sumedang untuk tidak ragu memilih Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin sehingga berbagai program pembangunan dan kebijakan yang telah berjalan saat ini dapat diteruskan.

"Kami mengajak untuk tidak ragu memilih Jokowi-Amin. Karena pasangan capres 01 merupakan yang terbaik dari yang baik," katanya.

Baca juga: Relawan Prabowo-Sandi Putihkan Jalan Protokol Sumedang Kota

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com