Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Ketua Golkar Wonosobo Dukung Prabowo-Sandi hingga Dipecat Partai

Kompas.com - 09/04/2019, 08:52 WIB
Caroline Damanik

Editor

KOMPAS.com - Partai Golkar memecat Ketua DPD II Partai Golkar Wonosobo Triana Widodo bersama sejumlah kader setelah menyatakan mendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Deklarasi dukungan itu dilakukan Triana dan kawan-kawan di Hotel Tentrem Yogyakarta, Minggu (7/4/2019). Mereka ikut membubuhkan tanda tangan bermaterai sebagai pernyataan sikap.

Triana mengatakan, dukungan yang diberikannya itu adalah bentuk ekspresi aspirasi dari arus bawah.

"Saya melihat teman-teman di daerah, kampung, dan desa menginginkan perubahan. Ini aspirasi kader partai. Bukan kepentingan pribadi," ungkapnya.

Baca juga: Golkar Pecat Ketua DPD Wonosobo karena Dukung Prabowo

Triana mengaku siap menerima sanksi apabila apa yang dilakukannya dianggap melanggar dan melawan sikap umum Partai Golkar.

"Kami siap memperjuangkan kemenangan Prabowo-Sandi," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Tengah, Anton Lami Suhadi, mengaku sudah tahu informasi bahwa Triana dan rekan-rekannya akan melakukan deklarasi tersebut sebelum Triana hadir di Yogyakarta.

Bahkan DPD Partai Golkar Jawa Tengah sudah mengirimkan surat peringatan dan klarifikasi pada tanggal 2 April 2019.

"Namun karena tidak mengindahkan peringatan dari partai, maka pada hari ini tanggal 8 April, kami putuskan Triana Widodo diberhentikan dari jabatannya. Digantikan oleh Pelaksana Tugas Ketua Iqbal Wibisono," ungkap Anton, Senin (8/4/2019).

Baca juga: Bendera Golkar Hiasi Kampanye Akbar Prabowo di Makassar

Pemecatan itu dilakukan berdasarkan bukti-bukti yang ditemukan oleh DPD I Partai Golkar Jawa Tengah.

"Kami memberhentikan Triana tidak hanya berdasar dari omongan-omongan belaka. Ada juga bukti yang sudah ada di media sosial, media online, dan koran," tuturnya.

Triana dinyatakan melanggar aturan partai karena tidak berkomitmen untuk mendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin yang didukung secara resmi oleh Partai Golkar pada Pemilu 2019.

Sikap ini, lanjut Anton, juga dibuat demi menegakkan aturan Partai Golkar.

"Ini demi menjaga kewibawaan partai yang sudah sepakat mendukung pasangan Jokowi-Amin. Keputusan ini harus diikuti seluruh komponen organisasi partai hingga tingkat bawah," katanya.

Baca juga: Cerita Prabowo Gebrak Podium Saat Bicara soal TNI/Polri dalam Kampanye di Yogyakarta

Senin malam, lanjut Anton, Plt Ketua DPC Wonsobo Iqbal Wibisono diperintahkan untuk menggelar rapat terbatas. Pertemuan ini dilakukan untuk mempererat konsolidasi partai Golkar di Kabupaten Wonosobo.

"Kami ingin kader-kader partai Golkar di Wonosobo kembali loyal dan taat pada aturan partai. Karena pemungutan suara tinggal 9 hari lagi. Kami tak ingin hal ini akan mengganggu perolehan suara untuk Caleg dan Capres yang ada di Kabupaten Wonosobo," tandasnya.


Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Dukung Capres 02 Prabowo Subianto, Ketua Golkar Wonosobo Triana Widodo Dipecat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com