Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Selidiki Penyebab Runtuhnya Bangunan Kafe di Medan

Kompas.com - 09/04/2019, 06:46 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Khairina

Tim Redaksi


MEDAN, KOMPAS.com - Hasil pemeriksaan tim SAR Medan, Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto memastikan tidak ada korban jiwa di reruntuhan kafe yang berada di Jalan Ringroad, Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sunggal, Kota Medan pada Senin (8/4/2019) petang.

Hanya satu warga yaitu Febri Manurung (16) yang menderita luka-luka akibat rumahnya tertimpa rubuhan bangunan.

“Kosong, tidak ada orang di dalam. Kami sudah meminta bantuan tim SAR untuk mengeceknya. Kami sedang olah TKP untuk menyelidiki penyebab runtuhnya gedung. Petugas SAR gabungan juga masih di lokasi, menyisir setiap celah bangunan untuk mencari kemungkinan ada korban. Kalau ada korban, kami turunkan tim untuk identifikasi,” kata Dadang, Senin malam.

Baca juga: Kafe yang Roboh di Medan Diduga Salah Konstruksi

Meski arus lalu lintas sudah kembali lancar, tapi tempat kejadian masih ramai didatangi warga.

Sebagian nekat menerobos garis polisi yang sudah terpasang hanya untuk memgabadikan gambar.

Berulang kali polisi dari Sabhara Polrestabes Medan dan Brimob mengimbau agar menjauhi lokasi.

Sementara Febri Manurung, sudah mendapat perawatan medis. Dia luka di bagian punggung. Kebetulan, rumahnya pas di samping bangunan yang rubuh.

Saat kejadian, dia sedang berada di kamarnya, asyik bermain gawai. Tiba tiba dinding kamarnya runtuh. Febri tidak sendirian di rumah waktu itu, namun lima anggota keluarga lain berada di ruang tamu sehingga tidak tertimpa reruntuhan.

“Yang hancur kamar, dapur sama garasi,” kata Andika Manurung (26), sepupu Febri.

Sebelumnya, kehebohan terjadi gara-gara bangunan tujuh pintu rumah toko (ruko) di Jalan Ringroad Medan, tepatnya di depan Ringroad City Walk ambruk. Bangunan dua lantai itu sebelumnya adalah kafe, restoran, dan tempat refleksi.

Kepala Lingkungan IX, Budi Sihombing mengatakan, bangunan tersebut sedang direnovasi untuk menambah lantai. Saat kejadian, semua pekerja bangunan sudah pulang.

"Lagi renovasi, nambah satu lantai, yang punya orang China," kata Budi.

Baca juga: Kafe di Jalan Ring Road Medan Roboh, Seorang Pemuda Terluka

Anggota DPRD Kota Medan Komisi IV Ilhamsyah yang ketepatan berada di sekitar lokasi menduga, ada kesalahan terhadap konstruksi bangunan. Menurutnya, pihak dari Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) harus bertanggung jawab.

Dia juga menyinggung izin bangunan apakah sudah dipegang pemiliknya, karena terkait dengan kelayakan huni dan kekuatan bangunan.

"Kalau melihat kondisinya saat ini, rata dengan tanah, pasti ada yang salah dengan konstruksinya. TRTB harus bertanggung jawab karena setiap bangunan tidak tahan terhadap tekanan dari atas," kata Ilhamsyah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com