Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Perkenalkan 3 Kartu Sakti di Kupang

Kompas.com - 08/04/2019, 22:25 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


KUPANG, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi), memperkenalan tiga kartu sakti saat kampanye di Lapangan Sitarda Lasiana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/4/2019).

Menurut Jokowi, tiga kartu sakti itu baru akan diterbitkan pada 2020 yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Pra Kerja, dan Kartu Sembako Murah.

Jokowi menyebut, KIP sudah diberikan untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Sementara, jika pasangan Jokowi-Ma’ruf terpilih sebagai sebagai presiden dan wakil presiden, KIP Kuliah tersebut dan dua kartu lainnya akan diluncurkan pada 2020.

Baca juga: Topi yang Dilempar Jokowi Jadi Rebutan Massa Pendukung di Kupang

“Kartu ini untuk anak-anak kita supaya bisa kuliah di akademi maupun perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri. Kita berikan beasiswa seperti ini,” kata Jokowi, sambil mengangkat kartu KIP untuk diperlihatkan kepada pendukungnya.

Selanjutnya, Kartu Pra Kerja, akan diberikan kepada lulusan SMA dan SMK yang belum bekerja atau karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Menurut Jokowi, dengan Kartu Pra Kerja, anak-anak diberi pelatihan oleh kementerian, BUMN, dan lembaga swasta untuk meningkatkan keterampilan mereka sebelum memasuki dunia kerja.

“Tapi yang belum dapat pekerjaan, di dalam kartu ini ada yang namanya insentif honor. Siapa yang setuju boleh tunjuk jari. Yang tidak setuju tunjuk jari, nanti saya beri hadiah sepeda. Awas kalau ada yang maju,” canda Jokowi, disambut teriakan massa pendukung.

Adapun Kartu Sembako Murah, lanjut Jokowi, diberikan ke ibu rumah tangga untuk membeli beras, gula, telur dan kebutuhan lainnya.

Baca juga: Ungkap Survei Internal, BPN Tak Ingin Elektabilitas Prabowo Dianggap Kalah dari Jokowi

“Harganya didiskon banyak. Siapa yang setuju sembako murah tunjuk jari,” kata Jokowi lagi.

Saat kampanye di Kota Kupang, Jokowi berorasi sekitar 10 menit lamanya.

Setelah memberikan sambutan, Jokowi lalu memberi contoh simulasi pencoblosan bersama sejumlah pengurus partai pendukung.

Usai memberikan contoh simulasi, Jokowi bersama rombongan lalu bergerak ke arah Bandara El Tari Kupang, untuk melanjutkan perjalanan kampanye ke tempat lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com