Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Kenduri Nusantara, Warga Banyumas Berdoa Pemilu 2019 Lancar

Kompas.com - 08/04/2019, 18:02 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Rachmawati

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Jelang Pemilu 2019, sejumlah elemen masyarakat menggelar Kenduri Nusantara di Bumi Perkemahan Kendalisada, Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (8/4/2019).

Koordinator Kenduri Nusantara Banyumas, Mulyono mengatakan, kegiatan bertema “Eling-eling Sapa Eling Baliya Maning” ini digelar untuk menjaga keutuhan NKRI di tengah friksi dan perbedaan yang semakin meruncing jelang pelaksanaan Pemilu 2019.

“Kami punya kegelisahan yang sama untuk menyelamatkan bangsa dari situasi yang berkembang akhir-akhir ini. Saling curiga, amarah dan bahkan tindakan yang merusak tali silaturahim akibat polarisasi pilihan politik dan maraknya ujaran kebencian,” katanya.

Baca juga: Jelang Pemilu 2019, Ketua DPR Imbau Masyarakat Telusuri Rekam Jejak Calon

Mulyono menjelaskan, melalui kegiatan yang dihadiri tokoh lintas agama, budayawan, seniman, ulama, santri, dan masyarakat umum ini berkomitmen untuk merawat dan menjaga NKRI.

“Kami bersama-sama memanjatkan doa memohon keselamatan negeri. Kegiatan ini diharapkan menjadi pengingat untuk kembali pada nilai-nilai kearifan Pancasila serta identitas kita bangsa Indonesia yang ramah, santun, guyub rukun, dan memelihara semangat gotong royong untuk membangun Indonesia maju, sejahtera, dan damai,” ujar Mulyono.

Kegiatan diawali dengan pentas kesenian tradisional ebeg dan lengger, kemudian dilanjutkan dengan mengarak gunungan, pemotongan tumpeng dan ditutup dengan doa bersama.

Baca juga: Fakta Kampanye Jokowi, Mandi Hujan Bersama Pendukung hingga Target Menang 80 Persen di Banyumas

Kenduri Nusantara terinspirasi kegiatan serupa yang telah digelar di beberapa kota sebelumnya, antara lain Solo, Pati, dan Magelang.

“Segenap bangsa Indonesia perlu mengingat kembali betapa kaya dan besarnya negeri kita. Juga betapa beragamnya cara bangsa Indonesia mensyukuri karunia itu. Inilah saatnya menata kembali ruang sosial kita, membuka sekat-sekat, membersihkan kembali saluran-saluran kotor, dan menyiraminya dengan nafas kesejukan,” kata Mulyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com