Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkai Paus yang Terdampar di Kampung Timika Pantai Ditenggelamkan

Kompas.com - 07/04/2019, 16:22 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Khairina

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Bangkai seekor paus yang terdampar di pesisir Kampung Timika Pantai, Distrik Mimika Tengah, Mimika, Papua, pada Selasa (2/4/2019) sudah ditenggelamkan di laut, pada Sabtu (6/4/2019).

Hal ini dikatakan Koordinator Satuan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Mimika Hariyadi Nugroho, kepada Kompas.com, Minggu (7/4/2019).

Menurut Hariyadi, paus tersebut ditenggelamkan di laut mengingat kondisi tanah di sekitar kampung yang berpasir dan membutuhkan alat berat sehingga tidak dapat dikubur.

"Kami butuh waktu 3 jam untuk menenggelamkan paus tersebut. Dimulai pukul 12.00 - 15.00 WIT," kata Haryadi melalui telepon selulernya.

Baca juga: Ini Alasan Bangkai Paus Seberat 1 Ton di Timika Ditenggelamkan

Sebelum ditenggelamkan, paus tersebut ditarik terlebih dahulu ke laut mengggunakan kapal patroli milik Satuan Polisi Perairan Udara (Pol Airud), kapal patroli PSDKP.

Sementera, kapal nelayan digunakan untuk membawa pemberat sekitar 2 ton.

"Saat paus ditenggelamkan melibatkan Dinas perikanan , PSDKP Mimika, Polair Polres Mimika dan masyarakat Timika Pantai," ujarnya.

Sebelumnya, bangkai seekor paus yang terdampar di Kampung Timika Pantai, menghebohkan warga sekitar, Selasa lalu.

Paus tersebut merupakan jenis paus bryde. Dengan panjang 10,4 meter dan diameter 5 meter lebih.

Baca juga: Ini Bukan Kali Pertama Bangkai Paus Terdampar di Pesisir Pantai Mimika

Menurut World Conservation Union (IUCN) paus ini masuk dalam Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) Appendix II, yaitu daftar spesies yang tidak terancam kepunahan, tetapi mungkin terancam punah bila perdagangan terus berlanjut tanpa adanya pengaturan.

Paus itu diperkirakan telah mati dua hari sebelumnya sejak ditemukannya. Diduga, dibawa oleh arus sehingga terdampar di perairan Timika Pantai.

Terdamparnya bangkai paus ini pertama kali diketahui sepasang suami istri yang hendak ke parkiran perahu di bibir kali Kampung Timika Pantai.

Temuan bangkai ikan paus ini pun dilaporkan ke pemerintahan distrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com